[SALAH] Tes Keaslian Bajakah Menggunakan Betadine

Terakhir diperbarui pada 27 Desember, 2022

Video tes keaslian bajakah dengan betadine sebagai alatnya beberapa waktu lalu ramai ditonton oleh pengguna media sosial. Video-video tersebut mendapatkan banyak tayangan dan tanggapan. Hal ini tentu saja semakin membuat bias tentang informasi keaslian bajakah.

Dalam video tersebut dilakukan percobaan dua gelas yang diisi dengan air putih. Kemudian masing-masing gelas diberi larutan betadine. Larutan di dalam masing-masing gelas diaduk hingga warna air di kedua gelas menjadi merah pekat.

tes keaslian bajakah betadine
tes keaslian bajakah betadine

Masing-masing air di kedua gelas tersebut kemudian dicelupkan beberapa batang kayu bajakah dan jenis kayu lainnya. Setelah diaduk-aduk selama beberapa detik, terlihat salah satu dari gelas tersebut warna airnya berubah menjadi bening. Sedangkan warna air dari gelas yang satunya lagi tetap tidak berubah.

Gelas yang airnya berubah menjadi bening adalah gelas yang berisi kayu bajakah. Atas dasar ini, si pembuat video mengklaim beginilah cara tes keaslian bajakah betadine sebagai alatnya.

Apa itu Betadine ?

Sering kita mendengar nama betadine jika kita atau teman mengalami luka. Betadine adalah obat golongan antiseptik yang bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan serta membunuh kuman penyebab infeksi. Tidak hanya berbentuk cair, Betadine juga tersedia dalam bentuk salep, semprot, serta stik.

Zat Yang Terkandung Dalam Betadine

Bahan aktif utama Betadine adalah povidone iodine. Zat ini berfungsi untuk membunuh bakteri, virus, protozoa, serta jamur penyebab infeksi.

Betadine sering digunakan sebagai obat pertolongan pertama untuk mencegah infeksi pada luka. Dalam dunia medis, betadine juga digunakan dalam membersihkan bagian tubuh sebelum tindakan operasi.

Kesalahan Dalam Tes Keaslian Bajakah Betadine

Membuktikan kesalahan logika dalam mengambil kesimpulan pada percobaan tersebut mudah saja. Dalam kejadian percobaan tersebut, telah terjadi sebuah reaksi kimia. Jika kita tahu reaksi apa yang terjadi, serta apa yang menyebabkan reaksi kimia tersebut terjadi, maka kita akan dengan mudah menyimpulkannya.

Reaksi kimia adalah suatu proses dimana satu atau lebih zat atau unsur senyawa kimia diubah menjadi satu atau lebih zat yang berbeda dan menghasilkan produk yang baru. Reaksi kimia mengatur ulang zat pereaksi (reaktan) menjadi zat hasil reaksi. Sehingga dalam percobaan tes keaslian bajakah betadine diatas, sudah jelas terjadi suatu reaksi kimia.

Kenapa air yang dilarutkan betadine berubah warna menjadi bening? Hal in terjadi dikarenakan terjadinya reaksi reduksi antara betadine dan asam askorbat.

iodine

Perlu kita ketahui, bahwa betadine itu mengandung ion iodine dengan rumus molekul I2. Sedangkan asam askorbat dengan rumus molekul C6H8O6.  Ketika betadine dicampur dengan asam askorbat akan bereaksi sehingga memiliki persamaan reaksinya adalah sebagai berikut :

C6H8O6 + I2 ——-> C6H6O6 + 2I 2H

Bila dalam larutan betadine dimasukkan asam askorbat, maka akan terjadi reaksi antara asam askorbat dan ion iodin. Akibatnya, iodin yang terlarut akan hilang dari air, dan warna air akan menjadi bening.

Hal inilah yang membuat larutan tersebut berubah jadi bening. Hal in menunjukkan bahwa pada percobaan reaksi antara iodine pada betadine dengan asam askorbat merupakan reaksi reduksi. Senyawa yang bereaksi yaitu C6H8O6 + I2 menjadi C6H6O6 + 2I 2H.

Memudarnya warna merah pada air yang dicampur dengan betadine disebabkan oleh ion iodine yang larut dalam air terikat oleh asam askorbat. 

Rekomendasi :
70++ Jenis Kayu Bajakah, Jangan Sampai Salah Pilih
13 Khasiat Akar Bajakah Untuk Kesehatan
Promo Diskon 50% Akar Bajakah Asli
Begini warna air rebusan bajakah
Manfaat Kayu bajakah untuk diabetes
Manfaat akar kuning untuk kesehatan
Efek Samping Kayu Bajakah

Kesimpulan Tes Keaslian Bajakah Betadine

Menguji keaslian bajakah dengan menggunakan betadine adalah sesuatu yang salah, terlebih lagi mengambil kesimpulan bahwa bajakah yang asli adalah yang larutan air betadinenya menjadi bening.

Kesimpulan yang tepat dari percobaan tersebut adalah kayu bajakah yang dimasukkan kedalam larutan betadine tersebut mempunyai kandungan asam askorbat sehingga larutan betadine menjadi bening.

Mengingat video-video tersebut diatas sudah ditonton ribuan orang, maka penting sekali bagi kami untuk memberikan suatu pencerahan agar kita terhindar dari bahaya hoax dan disinformasi. Terlebih di zaman sosial media sekarang ini. Begitu mudahnya orang mempercayai kemudian membagikan konten-konten yang belum terverifikasi kebenarannya.

Untuk mengetahui ciri kayu bajakah asli sendiri kami sudah pernah mengulasnya secara lengkap. Tulisan mengenai kayu bajakah lainnya juga ada di bawah ini, silakan untuk mengunjungi halaman-halaman tersebut.

Semoga bermanfaat !

>> Rahasia Bajakah, Wajib Tahu