Kayu Bajakah Hoax Atau Fakta?

Ditengah viralnya berita mengenai akar bajakah yang dipercaya bisa mengobati kanker dan tumor, ternyata tidak sedikit yang kalangan mempertanyakan kebenaran berita tersebut. Apakah kayu bajakah hoax atau memang bisa menyembuhkan?

Sebenar tidak heran jika ada yang masih meragukan manfaat akar bajakah. Karena berita dan informasi ini telah menjadi viral hingga ke luar negeri. Hal ini membuat banyak kemunculan pedagang-pedagang dadakan akar bajakah. Mereka melakukan penawaran dengan iming-iming yang terkadang tidak masuk diakal.

Informasi Kayu Bajakah, Hoax Atau Fakta?

Asal muasal hebohnya pemberitaan mengenai akar bajakah bermula dari penelitian yang diadakan oleh tiga orang siswa SMAN kota Palangkaraya. Penelitian mereka diikutsertakan dalam kejuaraan karya ilmiah tingkat nasional dan internasional. Penelitian yang mereka kerjakan berhasil menjuarai kedua lomba tersebut.

Hal ini tentunya patut disyukuri, karena mereka telah berhasil membuat bangga negara kita di kancah internasional. Bahkan presiden Jokowi pun mengapresiasi keberhasilan mereka.

Tiga orang siswa tersebut adalah Aysa Aurealya Maharani, Anggina Rafitri dan Yazid. Merekalah yang telah mengharumkan nama bangsa ini dikontes karya ilmiah remaja tingkat internasional yang diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan beberapa waktu yang lalu.

Namun ada beberapa hal yang perlu dicermati untuk mensikapi masalah ini. Pertama adalah, kayu bajakah saat ini masih dalam tahap pra klinis, yaitu masih diuji coba pada hewan, yaitu tikus putih. Masih diperlukan beberapa tahapan lagi agar standar kayu bajakah naik menjadi obat.

Walaupun banyak testimoni setelah meminum air rebusan kayu bajakah, tetap saja kayu bajakah tidak bisa dianggap sebagai obat. Lebih tepatnya statusnya saat ini adalah herbal / pengobatan alternatif.

Sebagai informasi, suatu produk bisa disebut sebagai obat jika sudah melewati tahapan Рtahapan tertentu. Diantaranya dalah identifikasi zat aktif yang terkandung,  cara kerja. Kemudian kegiatan uji praklinis hingga uji klinis. Uji klinis yaitu percobaan penelitian yang melibatkan manusia, bertujuan untuk membuktikan akar bajakah bisa disebut sebagai obat kanker.

Proses tersebut juga bermanfaat untuk mengetahui efek samping dari kayu bajakah itu sendiri.

Dengan tahapan-tahapan dan proses tersebut, diperlukan waktu yang tidak sebentar, bisa bertahun-tahun lamanya. Itulah sebabnya, klaim akar bajakah  sebagai obat penyakit kanker harus melalui penelitian lebih lanjut.

Jika Anda ingin mencoba khasiat akar kayu bajakah kami silahkan untuk membelinya melalui penjual kayu bajakah yang terpercaya. Namun perlu diingat bahwa ini merupakan metode pengobatan alternatif herbal.  Jika Anda mempunyai kemampuan untuk berobat melalui metode medis, silahkan juga untuk berkonsultasi ke dokter.

 

 

 

Tinggalkan komentar