Bagaimana Kayu Bajakah Menurut Dokter ? Simak Tulisan Berikut

Heboh pemberitaan tentang kayu bajakah bisa mengobati kanker berhasil menyita perhatian berbagai kalangan. Masyarakat awam dan terpelajar masing-masing mempunyai komentar. Begitu juga dari kalangan kesehatan khususnya para dokter.  Bagaimana kayu bajakah menurut dokter?

Akar kayu bajakah menjadi terkenal setelah 3 orang pelajar SMA dari kota Palangkaraya berhasil memenangkan medali emas dalam lomba karya ilmiah tingkat nasional dan internasional. Pada tingkat internasional mereka berhasil menjuarai ajang World Invention Creativity Olympic yang diselenggarakan di Seoul Korea Selatan.

Kayu Bajakah Menurut Dokter

Meski membuat harum nama bangsa, penemuan ini menuai berbagai komentar dari kalangan dokter. Diantaranya adalah dari Prof Dr dr Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP.  Prof Aru menyambut baik hasil penemuan tersebut serta mengakui prestasi dari ketiga siswa  yang melakukan penelitian.  Akan tetapi,  Prof Aru mengingatkan risiko jika terjadi overklaim.  Fungsi bajakah sebagai pengganti obat medis masih memerlukan riset lanjutan.

Senada dengan Prof Aru, dokter Spesialis Penyakit Dalam serta Konsultan Hermatologi Onkologi Medik, Dr. dr. Andhika Rachman, SpPD-KHOM juga mengemukakan bahwa penemuan tersebut harus ditindak lanjuti dengan melakukan penelitian lanjutan serta uji klinis.

Beliau menyebutkan bahwa kandungan aktif senyawa pembunuh sel kanker pada kayu bajakah belum bisa jika dikatakan sebagai obat. Karena tahapan untuk menjadi obat harus melalui uji klinis yaitu percobaan pada manusia.

Kesimpulan akar bajakah menurut dokter diatas memang benar.  Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran pun segera memerintahkan jajarannya untuk menindaklanjuti penemuan bajakah ini, agar secepatnya bisa menjadi obat berstandar medis.   Bahkan ia  bercita – cita untuk menjadikan kota Palangkaraya sebagai sentral pengobatan kanker.

Lantas bagaimana menyikapinya?
Jika Anda mempunyai keluhan kanker dan tumor, atau keluhan lainnya, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter di wilayah Anda. Anggaplah ramuan bajakah ini sebagai pengobatan alternatif herbal. Karena memang ia bukanlah obat, karena obat tentu harus diproduksi oleh pabrik dan harus berstandar mutu dan sesuai dengan standar medis.

Walaupun telah banyak yang membuktikan khasiat kayu bajakah ini,  namun sebaiknya Anda tetap menjalani pemeriksaan medis untuk mengetahui gambaran seutuhnya mengenai penyakit yang Anda derita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *