Cara Mengetahui Ciri Kayu Bajakah Asli

Terakhir diperbarui pada 5 December, 2022

Ciri kayu bajakah asli – akarbajakahtunggal.id. Setelah viral berita manfaat kayu bajakah bisa menyembuhkan penyakit kanker, tak ayal banyak masyarakat yang berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Tidak hanya berasal dari wilayah kalimantan saja, bahkan ada juga yang dari luar kalimantan bahkan dari luar negeri.

Namun tahukah Anda, bahwa kayu bajakah ternyata mempunyai beberapa jenis. Salah satu jenisnya bahkan mengandung racun !. Ya, bajakah jenis yang beracun ini memang telah lama digunakan oleh penduduk setempat untuk mematikan ikan-ikan disungai. Kayu bajakah ini sering disebut dengan bajakah tuba. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati agar tidak mengalami efek samping minum air rebusan bajakah.

Bagaimana Cara Mengetahui Ciri Kayu Bajakah Asli?

Untuk mengetahui kayu bajakah asli haruslah melalui pengamatan yang teliti. Bagi masyarakat dayak asli mungkin mereka sudah sangat paham, mana kayu bajakah yang bisa dipakai untuk pengobatan dan mana yang tidak bisa digunakan.

Secara kasat mata mereka mungkin langsung bisa membedakan, namun bagi orang luar daerah tentu akan sulit mengetahuinya jika tidak memiliki pengetahuan tentang hal tersebut sehingga terkadang membuat orang awam menjadi ragu untuk membelinya.

Namun Anda tidak perlu risau, karena kami akan memberitahukan cara mengetahui Ciri Kayu Bajakah Asli melalui tulisan ini.

Cara Membedakan Kayu Bajakah Asli Dan Palsu

Ciri Kayu Bajakah Asli

  • Kulit luarnya mudah dikelupas ketika masih dalam keadaan basah atau baru ditebang. Bahkan dengan tangan sekalipun. Jika kulit luarnya susah untuk dikelupas, maka kemungkinan besar kayu bajakah tersebut termasuk jenis yang beracun.
  • Batangnya Berpori. Jika Anda ingin membeli kayu bajakah, perhatikan juga diameter batangnya. Kayu bajakah asli batangnya memiliki pori – pori.
  • Warna air rebusannya. Warna air rebusan bajakah yang asli akan berwarna kuning kemerah-merahan seperti warna air teh. Rasa kayu bajakah pun hambar dengan sedikit agak sepet / pahit.
  • Ciri kayu bajakah  yang untuk pengobatan adalah jika kayu bajakah yg masih segar dipotong maka air yang keluar berwarna bening, bukan berwarna putih susu atau bahkan merah.  Jika warna air yang keluar putih susu ataupun merah maka kayu bajakah tersebut bisa termasuk jenis yang beracun.
ciri ciri kayu bajakah asli, gambar kayu bajakah yang asli
gambar kayu bajakah yang asli

Nah, bagaimana ? Kami harap anda sudah bisa membedakan kayu bajakah asli dengan yang beracun, karena saat ini banyak sekali penjual kayu bajakah yang asal saja menjual bajakah. Tidak memikirkan bagaimana hasilnya nanti untuk pembeli sehingga seringkali pembeli menjadi kecewa. 

Akar Bajakah Asli Dan Palsu

Sebagai informasi, jenis kayu bajakah sendiri ada lebih dari 200 jenis.  Dan semuanya mempunyai penampakan yang hampir mirip.  

Sebagai contoh, ada tanaman yg orang setempat menyebutnya dengan cakar elang, karena mempunyai batang yg mirip dengan kayu bajakah. Yang membedakan dengan kayu bajakah adalah cakar elang mempunyai pucuk tunas yg berbentuk seperti cakar.  Itulah sebabnya dinamakan dengan cakar elang. 

cakar elang mirip dengan akar bajakah
ciri bajakah palsu

Jadi Anda jangan terkecoh jika ada penjual yang menjual dengan harga yang sangat murah, terutama yang ada di marketplace.  

Jenis Tanaman Bajakah

Dari ratusan jenis akar bajakah yang ada, secara umum bisa dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu tampala, kalalawit dan lamei. Perbedaan bajakah tampala dan kalalawit adalah sebagai berikut :

1. Bajakah Tampala

bajakah tampala
gambar akar bajakah tampala

Jenis bajakah dengan nama latin Spatholobus Littoralis Hassk ini termasuk yang paling sering digunakan oleh masyarakat lokal suku Dayak. Dengan warna dalam batangnya yang agak gelap, jenis bajakah ini diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk penyakit kanker dan tumor.

2. Bajakah Kalalawit

gambar akar bajakah

Nama latin dari jenis bajakah ini adalah Uncaria Gambir Roxb. Berbeda dengan jenis tampala, warna bagian dalam batang bajakah ini lebih cerah. Tanaman bajakah jenis ini hidup didaerah hutan dataran tinggi maupun daerah rawa gambut.

Cara mengetahuinya lokasi tumbuhnya cukup mudah. Jika warna bagian dalam batangnya sangat cerah cenderung putih, maka bisa dipastikan tanaman tersebut tumbuhnya bukan di daerah rawa gambut.

3. Bajakah Lamei

Dari halaman Institut Pertanian Bogor (IPB), bajakah jenis ini merupakan tanaman hutan hujan tropis yang tumbuh merambat di daerah lembap. Khasiatnya dipercaya bisa menyembuhkan penyakit diare.

Jika Anda ingin membeli kayu bajakah yang asli jangan ragu untuk membelinya di penjual akar bajakah asli .  Kami hanya menjual bajakah tampala asli dan bajakah kalalawit merah asli.   Dan telah banyak testimoni akar bajakah yang berhasil kami rangkum.   Simak juga memasak kayu bajakah dengan benar.  Semoga bisa menjadi wasilah kesembuhan bagi yang meminumnya.

Simak Juga :

teh bajakah2

>> Hindari membeli bajakah berbentuk teh atau serbuk, Ini alasannya…

Rahasia Bajakah, Wajib Tahu