Mengenal Daun Kayu Bajakah Dari Kalimantan

Terakhir diperbarui pada 25 Desember, 2022

Apakah Anda penasaran bagaimana bentuk daun kayu bajakah dari Kalimantan ? Seperti kita ketahui, Kayu bajakah dari Kalimantan adalah salah satu jenis tumbuhan yang dikenal memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan

.Pohon kayu bajakah ini berasal dari hutan di Kalimantan dan daunnya sering digunakan sebagai bahan herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Kayu bajakah juga dikenal memiliki kandungan zat anti-inflamasi yang tinggi, sehingga bermanfaat dalam mengurangi peradangan pada tubuh

Selain itu, daun ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan sembelit.

Lalu bagaimana sebenarnya bentuk daun kayu bajakah tersebut ?

Ciri Daun Kayu Bajakah Dari Kalimantan

Ciri yang paling utama dari daun kayu bajakah adalah bentuk daunnya melebar dan berwarna hijau terang, mempunyai tulangan daun yang nampak jelas. Rantingnya tidak terdapat tunas yang berbentuk seperti cakar.

Bentuk Daun Bajakah

Bentuk daun bajakah melebar seperti daun bunga. Guratan tulang pada daun kayu bajakah ini mirip seperti guratan daun jati.

daun kayu bajakah dari kalimantan

Daun Cakar Elang

Sering kali kami menemukan tanaman cakar elang ketika sedang berburu tanaman bajakah. Tanaman ini mempunyai batang yang sangat mirip dengan batang kayu bajakah kalalawit merah. Namun, dengan melihat satu ciri utamanya saja, kita sudah bisa membedakan mana akar bajakah asli dan mana yang bukan. Tanaman cakar elang ini banyak dijual di marketplace dengan harga murah.

Rekomendasi :
70++ Jenis Kayu Bajakah, Jangan Sampai Salah Pilih
13 Khasiat Akar Bajakah Untuk Kesehatan
Promo Diskon 50% Akar Bajakah Asli
Begini warna air rebusan bajakah
Manfaat Kayu bajakah untuk diabetes
Manfaat akar kuning untuk kesehatan
Efek Samping Kayu Bajakah

Daun pada cakar elang mempunyai bentuk yang serupa dengan daun kayu bajakah. Satu hal yang membedakannya adalah terdapat tunas yang berbentuk seperti cakar pada ranting diantara daun-daunnya.

daun cakar elang

Pohon Kayu Bajakah

Pohon kayu bajakah berbentuk bulat memanjang dari akar hingga keatas setinggi 5 sampai 10 meter. Batangnya merambat melalui batang pohon lain disekitarnya. Diameter pohon bajakah bervariasi tergantung umurnya. Ada yang sebesar pergelangan anak kecil, ada juga yang sebesar paha orang dewasa.

pohon kayu bajakah

Karena maraknya orang berburu kayu bajakah, mencari keberadaan pohon bajakah saat ini memerlukan sedikit usaha ekstra. Dulu, kami cukup melihat daun kayu bajakah dari kalimantan ini saja dari pinggir jalan atau sungai, dan memotongnya begitu saja., kini kami harus sedikit lebih kedalam untuk bisa menemukannya.

Batang pohon bajakah menyimpan banyak air, sehingga warga lokal dayak sering menggunakannya sebagai penghilang dahaga ketika sedang berada di hutan. Caranya cukup dengan memotong batangnya, maka air putih segar akan mengucur deras. Rasa air bajakah ini seperti air putih biasa sehingga cukup segar diminum di tengah teriknya matahari.

Manfaat Daun & Batang Kayu Bajakah

Selain sebagai obat herbal tumor dan kanker, kayu bajakah juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Telah banyak yang berhasil membuktikan khasiat dan memberikan testimoni minum kayu bajakah ini.

Daun kayu bajakah memiliki kandungan zat anti-inflamasi yang tinggi, sehingga dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Selain itu, daun ini juga bermanfaat dalam mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan sembelit.

Konsumsi daun kayu bajakah secara rutin juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung. Selain itu, daun ini juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah kulit seperti luka bakar dan eksim.

Anda dapat mengonsumsi daun kayu bajakah dari kalimantan dengan cara merebus daun tersebut dan meminumnya secara rutin. Namun sebaiknya selalu konsultasikan dahulu dengan dokter Anda untuk memastikan keamanan konsumsi daun kayu bajakah ini bagi kesehatan Anda.

Jika Anda ingin mengkonsumsi kayu bajakah kami sarankan untuk terlebih dahulu mempelajari efek samping kayu bajakah terlebih dahulu. Karena metabolisme tubuh orang yang berbeda-beda, reaksi dan efek yang dihasilkan tentu akan berbeda pula.

Terakhir, jika Anda ingin membeli kayu bajakah secara online, entah lewat marketplace atau iklan di google, kami sarankan agar jangan tergiur dengan harga murah. Karena bisa saja kayu yang dijual adalah cakar elang, bukan bajakah. Kemudian jangan pula membeli yang berbentuk teh atau serbuk karena rawan dioplos dengan serbuk kayu lain.

Semoga bermanfaat.

>> Rahasia Bajakah, Wajib Tahu