fbpx

Mencoba Budidaya Pohon Bajakah Di Jawa

Tahukah Anda tentang pohon bajakah? Ya, tanaman kayu yang satu ini memang sedang viral karena khasiat kayu bajakah yang telah terbukti bisa menyembuhkan kanker. Masyarakat di luar pulau Kalimantan pun mulai terbersit keinginan untuk membudidayakan pohon bajakah di Jawa, misalnya.  Namun pertanyaannya, apakah benar bisa?

Sebagaimana telah viral sebelumnya, informasi kayu bajakah sebagai penyembuh kanker dan tumor bermula dari kisah 3 orang siswa SMA di kota Palangkaraya yang telah berhasil merebut juara 1 dalam lomba karya ilmiah ditingkat nasional dan internasional.

Mereka meneliti kandungan kayu bajakah pada hewan percobaan yaitu tikus putih. Tikus putih disuntikkan dengan senyawa / sel kanker didalam tubuhnya. Kemudian diberi ekstraksi kayu bajakah. Hasilnya sangat mencengangkan. Tikus-tikus yang diberi suntikan ekstrak bajakah benjolan ditubuhnya mengecil dan hidupnya sehat.

Habitat Pohon Bajakah

Bajakah adalah merupakan sebutan yang sering digunakan oleh masyarakat suku Dayak untuk tanaman yang berakar dan merambat. Diketahui terdapat bermacam-macam penamaan bajakah tergantung dari lokasi kayu bajakah nya.

Hampir diseluruh wilayah hutan Kalimantan terdapat tanaman bajakah. Mereka ada yang tumbuh di tanah kering di hutan, maupun di tanah rawa / basah di hutan gambut. Bajakah yang tumbuh didaerah rawa cenderung memiliki warna batang yang lebih merah. Serta rasa yang lebih pahit.

Setidaknya tercatat ada 2 lokasi diluar pulau Kalimantan yang terdapat tanaman mirip dengan kayu bajakah. Salah satunya adalah didaerah Jambi. Walaupun tanaman tersebut mirip dengan kayu bajakah, masih perlu dilakukan identifikasi lebih lanjut untuk memastikannya.

Lokasi berikutnya adalah dilereng gunung Semeru. Ada salah seorang kawan kami yang kebetulan hobi mendaki gunung bercerita, pernah menemukan tanaman yang mirip dengan kayu bajakah.

Beredarnya kabar tersebut membuat kami penasaran, ingin membudidayakan pohon bajakah di Jawa. Walaupun tidak ada lahan gambut, namun jenis dan kandungan tanah di pulau jawa yang cenderung bagus unsur haranya menjadi salah satu faktor pertumbuhan tanaman.

Daerah pegunungan sepertinya menjadi lokasi yang cocok untuk mulai membudidayakan pohon bajakah di Jawa. Dan kebetulan kami mempunyai sahabat yang tinggal didaerah Wonosobo, dekat dengan pegunungan Dieng. Insya Allah dalam waktu dekat pohon bajakah akan segera kami kirimkan kesana. Kita tunggu hasilnya dalam beberapa bulan kedepan !

 

 

 

Tinggalkan komentar