fbpx
manfaat kayu bajakah merah

Manfaat Kayu Bajakah Merah Untuk Kesehatan

Tanaman kayu bajakah dari Kalimantan saat ini tengah jadi topik obrolan. Hal ini terjadi karena manfaat kayu bajakah merah yang  diyakini bisa untuk mengobati kanker payudara.

Tanaman ini menjadi bahan penelitian oleh  Aurealya Maharani , Anggina Rafitri serta Yazid dalam World Invention Creativity (WICO) di Seoul, Korea Selatan pada tanggal 25-27 Juli 2019.

Tak pelak, banyak komentar dari berbagai kalangan di Indonesia. salah satunya adalah Dokter spesialis penyakit kanker Prof Dr dr Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP.

Beliau menyebutkan bahwa prestasi tersebut patut untuk diapresiasi karena telah membanggakan negara.  Namun beliau juga mewanti-wanti agar dilakukan penelitian lebih lanjut agar tidak terjadi overklaim di masa yang akan datang.

Beliau menuturkan bahwa penderita penyakit kanker boleh untuk berharap kayu bajakah untuk menyembuhkan kanker. Tapi perlun diingat, masih perlu diadakan penelitian lanjutan tentang kayu bajakah ini guna menaikkan standar nya dari jamu herbal menjadi obat. Konsumsi bajakah juga agar tidak menggantikan obat dari medis, tuturnya.

Manfaat Kayu Bajakah Merah Untuk Kesehatan

Terkuaknya manfaat akar bajakah ini setelah dibuat ketiga siswa diatas membuat produk teh herbal dari kayu bajakah.  Selain itu, masyarakat asli suku Dayak sebenarnya sudah lama mengetahui tanaman ini sebagai pengobatan herbal, terutama untuk mengobati luka, disentri serta menghilangkan pegal badan.

Setelah temuan ini gempar, akhirnya mendorong beberapa pihak untuk melakukan sejumlah penelitian lanjutan mengenai kandungan dari akar kayu bajakah. Hasil yang didapatkan adalah ternyata tanaman ini sangat kaya dengan zat antioksidan. Bahkan kadar antioksidannya mencapai ribuan kali lipat jika dibandingkan dengan herbal kanker lain.

Uji laboratorium pada laboratorium Universitas Lambung Mangkurat juga mendapatkan fakta bahwa kandungan kayu bajakah lainnya adalah adanya zat fitokimia tannin, steroid, saponin, fenolik, terpenoid dan alkonoid yang merupakan zat penting untuk membunuh sel kanker.

Berikut ini manfaat kayu bajakah untuk kesehatan selain kanker, meskipun perlu uji klinis lanjutan.

Membantu Penyembuhan Luka

Masyarakat tradisional suku Dayak telah semenjak dulu memakai kayu bajakah untuk menghentikan pendarahan pada luka. Dari penelitian laboratorium, ditemukan kandungan bajakah tampala kaya senyawa  yang bersifat angiogenesis.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tidak hanya membunuh sel kanker, akar bajakah ternyata berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.  Dengan kadar antioksidan yang sangat tinggi, tentu sangat diperlukan oleh tubuh menangkal radikal bebas.

Mencerahkan Kulit dan Anti Aging

Kandungan senyawa didalam akar bajakah juga mempunyai khasiat untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit.  Diketahui senyawa didalam akar bajakah bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan kolagen. Kolagen sendiri penting untuk pengencangan kulit wajah serta mencegah penuaan dini.

Tinggalkan komentar