fbpx
Lokasi kayu bajakah

Menguak Lokasi Kayu Bajakah Dari Kalimantan

Viralnya berita penemuan obat herbal kanker bajakah sudah sampai ke seantero negeri, bahkan sampai ke luar negeri. Berawal dari penelitian 3 siswa SMAN 2 Palangkaraya yang berhasil memenangkan medali emasi di kontes World Invention Creativity Olympic di Seoul Korea Selatan. Penelitian mereka berhasil mmenemukan manfaat kayu bajakah yang ternyata bisa menyembuhkan penyakit kanker dan tumor.

Banyak masyarakat dengan berbagai kepentingan, baik yang ingin mencari untung, atau yang menginginkan kesembuhan penyakitnya, bahkan dari media cetak dan media online juga berdatangan untuk melihat langsung kayu bajakah yang menggemparkan tersebut.

Memang asal hebohnya berita tersebut bermula dari kota Palangkaraya Kalimantan Tengah. Namun seiring berjalannya waktu, daerah-daerah lain di pulau Kalimantan juga memunculkan penemuan-penemuan kayu bajakah lainnya. Lantas, dimana saja habitat dari kayu bajakah tersebut?

Lokasi Kayu Bajakah di Pulau Kalimantan

Jika melihat habitat kayu bajakah yang biasanya tumbuh dilahan gambut, maka tidak heran jika dibanyak tempat di pulau Kalimantan ini kayu bajakah akan mudah ditemukan.

Penelusuran kami, terdapat beberapa kesamaan karakteristik kayu bajakah dibeberapa daerah walaupun dengan penyebutan yang berbeda. Jika di Kalimantan tengah dinamakan kayu bajakah maka didaerah Mempawah Kalimantan Barat warga lokal sering menyebutnya dengan tanaman belaran.

kayu bajakah - belaran -

 

Kemudian didaerah Kalimantan Selatan, masyarakat lokal sering menyebut tanaman ini dengan nama cecarikan.

Perbedaan Warna Bajakah

Walaupun karakteristik kayunya ( kulit, batang, daun )  secara umum hampir sama, namun ada beberapa perbedaan yang mencolok jika ditinjau dari lokasi tumbuhnya tanaman tersebut. Untuk kayu bajakah yang tumbuh di lahan gambut atau rawa, maka warna didalam batangnya cenderung merah. Sedangkan jika kayu bajakah tersebut tumbuhnya di tanah kering atau pegunungan maka warna didalam batangnya cenderung berwarna putih.

Bagaimana dengan rasa kayu bajakah ? Rasanya jika sudah direbus adalah cenderung hambar dan agak sedikit sepet / pahit. Apakah lokasi kayu bajakah mempengaruhi rasanya? Selama beberapa kali mencoba kami tidak menemukan ada perbedaan rasa yang signifikan dari beberapa jenis kayu bajakah tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar