fbpx
bajakah untuk diabetes

Ramuan Kayu Bajakah Untuk Diabetes, Fakta Atau Mitos?

Berita tentang kayu bajakah yang bisa mengobati kanker memang telah viral. Masyarakat pun banyak yang mulai bertanya-tanya, bisakah kayu bajakah untuk diabetes ?

Hasil penelitian di laboratorium Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Kalimantan Selatan menunjukkan, kayu bajakah banyak mengandung senyawa-senyawa antioksidan. Kandungan antioksidannya juga ternyata ribuan kali lebih tinggi dari tanaman lain. Kabar ini tentu membuat masyarakat lebih yakin akan manfaat kayu bajakah untuk penyakit kanker.

Kemudian pertanyaan mengenai bisakah bajakah untuk diabetes ? Berikut kami sajikan khasiatnya berdasarkan fakta yang ada.

Berbagai Khasiat Kayu Bajakah

Penyembuhan Luka

Setelah dilakukan penelitian, batang bajakah ternyata kaya senyawa fenolik, tannin, flavonoid, dan saponin yang bersifat angiogenesis yaitu proses pembentukan pembuluh darah baru. Masyarakat dayak tradisional telah lama menggunakan tanaman ini untuk mengobati luka.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Tidak hanya membunuh sel kanker, tanaman akar bajakah juga berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh.  Dengan kadar antioksidan yang sangat tinggi, sehingga mampu untuk  melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Menghaluskan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Sebagaimana kita ketahui, akar bajakah mengandung senyawa tannin, saponin, flavonoid, fenolik yang manfaatnya sangat bagus untuk menghaluskan kulit. Senyawa tersebut meningkatkan pertumbuhan kolagen. Kolagen sendiri penting untuk mengencangkan kulit wajah serta memperlambat penuaan dini.

Fakta Kayu Bajakah Untuk Diabetes

Dari berbagai khasiat dan manfaat bajakah yang kami sebutkan diatas, belum ada satupun fakta yang menyebutkan tanaman ini bermanfaat untuk penyakit diabetes.

Walaupun demikian kami pernah mempunyai pengalaman menarik seputar masalah ini. Waktu itu ada tetangga yang datang ketempat kami untuk meminta kayu bajakah guna keperluan pengobatannya. Setelah kami tanya untuk mengobati apa kemudian dijawab oleh yang bersangkutan, untuk mengobati diabetes.

Kami pun memberi beberapa batang kayu bajakah kepadanya. Selang beberapa waktu, orang tersebut datang lagi untuk meminta kayu bajakah lagi. Kami pun bertanya heran, untuk apa? Dia menjawab, “untuk mengobati diabetes yang saya punya. Kapan hari saya ada sedikit luka dikaki, kemudian setelah rutin minum ramuan bajakah ini Alhamdulillah berangsur-angsur lukanya mengering. ”

Testimoni ini tentu saja perlu diuji lebih lanjut agar bisa diketahui secara pasti manfaat kayu bajakah untuk mengobati diabetes.

 

 

Tinggalkan komentar