fbpx

Tanaman Bajakah Dari Kalimantan, Penyembuh Kanker Dari Suku Dayak

Apakah pernah Anda mendengar kata kayu bajakah? Tanaman bajakah dari Kalimantan yang beberapa waktu yang lalu viral ini diberitakan bisa menyembuhkan penyakit kanker. Tanaman banyak terdapat di hutan Kalimantan dan setelah diteliti ternyata memang memiliki banyak kandungan fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan.

Apa Itu Tanaman Bajakah Dari Kalimantan ?

Bajakah adalah tanaman khas Kalimantan yang sejak dari dulu digunakan oleh nenek moyang suku Dayak untuk mengobati berbagai penyakit termasuk kanker.

Nama bajakah beberapa waktu ini mulai viral setelah  3 pelajar  SMAN 2 kota Palangkaraya melakukan penelitian dan berhasil menemukan bahwa tanaman tersebut bisa digunaka sebagai obat kanker. Penelitian tanaman bajakah ketiga pelajar tersebut dilakukan bersama dengan guru pembimbingnya. Mereka sebenarnya sudah melakukan penelitian semenjak tahun 2018.

Pada bulan Mei 2019 lalu, mereka mengikuti sebuah lomba karya ilmiah di Bandung, tepatnya di Universitas Pendidikan Indonesia. Penelitian tanaman bajakah ini berhasil meraih medali emas di ajang tersebut.

Tidak puas sampai disitu, mereka pun mengikuti lomba serupa namun dengan tingkat yang lebih tinggi yaitu olimpiade karya ilmiah tingkat internasional.

Ternyata hasilnya pun juga sangat membanggakan. Pada bulan Juli 2019 silam, karya ilmiah mengenai tanaman bajakah ini berhasil memperoleh medali emas di acara WICO / World Invention Creativity Olympic di kota Seoul, Korea Selatan.

Tanaman bajakah sendiri adalah tanaman yang banyak dijumpai di berbagai tempat di hutan Kalimantan.  Ciri pohon bajakah ini ialah batangnya merambat, dan memiliki batang yang cukup besar dan kuat. Ketinggian pohon bajakah bisa mencapai 50 meter hingga mencapai puncak dari pohon yang dirambatinya.

Habitat bajakah banyak berada di tanah gambut. Penampakannya tak jarang mirip dengan tanaman lainnya di hutan sehingga menyulitkan orang awan untuk membedakannya.  Biasanya,  tanaman bajakah lebih banyak dijumpai pada bagian hutan yang hanya sedikit terpapar sinar matahari. Oleh karena itu keberadaannya di hutan belantara sering dianggap sebagai pohon yang beraroma mistis. Meskipun sering dianggap mistis, manfaat kayu bajakah telah lama diketahui oleh warga asli sukus Dayak.

Gagasan untuk meneliti tanaman bajakah pun awalnya dilandasi oleh kepercayaan masyarakat tentang khasiat kayu bajakah yang bisa menyembuhkan kanker.

Kandungan Tanaman Bajakah

Ditemukannya fakta tanaman ini bisa  menyembuhkan kanker tentu saja tidak lepas dari hasil penelitian yang membuktikan berbagai kandungan fitokimia atau fitonutrien yang ada di dalamnya. Setelah dilakukan penelitian di laboratorium Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin,  tanaman bajakah ternyata memiliki kandungan sekitar  40 senyawa yang bisa  membantu membunuh sel kanker.

Beberapa kandungan utama dalam batang dan akar bajakah seperti terpenoid, saponin,  tanin, steroid, flavonoid, dan fenol.  Semua senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan.

Antioksidan merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel. Berikut ini berbagai manfaat dari antioksidan:

  • Mencegah penyakit kardiovaskular
  • Menjaga kemampuan kognitif
  • Mencegah kanker
  • Mencegah dan melawan kanker
  • Membantu eningkatkan kerja organ tubuh
  • Membantu meningkatkan imunitas tubuh
  • Membantu melawan penuaan dini

Kandungan antioksidan dalam tanaman bajakah diklaim memiliki jumlahnya jauh yang jauh lebih besar dibangingkan dengan tanaman lain. Namun masih harus diadakan penelitian lanjutan agar bisa membuktikan tingkat keefektifan dari tanaman bajakah dalam mengobati kanker.

Penelitian awal yang dilakukan oleh 3 pelajar itu menggunakan hewan percobaan tikus putih sebagai bahan uji coba serta belum dilakukan penelitian langsung terhadap manusia. Walaupun hasil penelitian pada hewan percobaan sering kali tidak jauh berbeda pada manusia, akan tetapi penelitian lanjutan tetap harus dilakukan agar grade tanaman bajakah yang masih berstartus herbal naik menjadi obat kanker yang layak dikonsumsi. Penelitian lanjutan ini juga penting guna meminimalisir efek samping kayu bajakah yang tidak diinginkan.

simak juga :

Ciri ciri kayu bajakah yang asli
Kumpulan testimoni akar bajakah
Manfaat kayu bajakah untuk diabetes

Promo diskon 50% kayu bajakah asli

Tanaman Lain Yang Dipercaya Masyarakat Sebagai Penyembuh Kanker

Sebenarnya banyak jenis tanaman lain yang sering diyakini sebagai tanaman yang bisa mengobati kanker selain tanaman bajakah.  Setelah diteliti, tanaman-tanaman tersebut umumnya memang kandungan antioksidannya tinggi.

Beberapa contoh tanaman yang sering dipercaya bisa menyembuhkan kanker adalah :

  • Daun sirsak
  • Bawang putih
  • Kunyit
  • Teh hijau
  • Mahkota dewa
  • Kulit manggis
  • Mengkudu
  • Keladi tikus

Walaupun belum diuji secara klinis, banyak testimoni positif setelah meminum air rebusan bajakah. Dan yang perlu diingat sebelum menggunakan tanaman herbal sebagai pengobatan. Jadikan tanaman ini sebagai sarana ikhtiar Anda untuk memperoleh kesembuhan. Setelah berdoa, kemudian berikhtiar, entah ke dokter atau meminum obat, maka jadikan tanaman herbal ini sebagai sarana pengobatan alternatif, tentu saja dengan biaya yang lebih murah.

Semoga bermanfaat !

Tinggalkan komentar