13 Manfaat & Khasiat Akar Bajakah Yang Jarang Diketahui Orang

Terakhir diperbarui pada 16 Desember, 2022

Khasiat akar bajakah –  Tanaman yang sedang viral ini mempunyai nama Bajakah. Bajakah tampala atau lebih dikenal bajakah, nama Latin atau nama ilmiahnya adalah  spatholobus littoralis hassk.  Spatholobus merupakan genus tanaman yang merambat dipohon di daerah suku Phaseoleae. Genus ini ditemukan pertama kali oleh ahli botani  berkebangsaan Jerman Justus Karl Hasskarl pada tahun 1842.  Genus Spatholobus Hassk memiliki 29 spesies , yang sebagian besar tersebar di hutan tropis Indonesia.

(Sumber : Genus Spatholobus Hassk di Thailand, Journal of Tropical Natural History, 2014, hal. 87).

Kebanyakan pohon bajakah ditemukan di hutan Indonesia terutama di pulau Kalimantan. Tanaman bajakah ini tumbuh dibelantara hutan yang sedikit terkena sinar matahari.  Dari genus tadi, kayu bajakah disebut kerabat dekat Genus Vigna.

Tanaman Vigna sendiri diketahui tumbuh daerah kilimanjaro, Afrika. Sementara di Kalimantan, kayu bajakah tumbuh dengan ketinggian hingga 5 meter. Daunnya tajam berbentuk hijau kekuningan, coklat dan putih. Bentuk bunganya kecil dan warnanya bervariasi merah muda, ungu, serta putih.

manfaat dan khasiat  akar bajakah

Kandungan Akar Bajakah

Tanaman bajakah yang bisa digunakan untuk mengobati kanker menjadi viral setelah 3 orang siswa SMAN 2 Palangkaraya Kalimantan Tengah berhasil memperoleh medali emas pada acara youth national science fair dalam ajang World Invention Creativity Olympic (WICO) di kota Seoul, Korea selatan.   

Salah seorang siswa tersebut yaitu Aysa aurealya maharani mengatakan, bahwa mereka telah melakukan penelitian terhadap tikus dimana 2 tikus diberi suntikan sel kanker. Salah satu dari tikus tersebut diberi air rebusan kayu bajakah sedangkan yang lain tidak. Hasil penelitian tersebut ternyata tikus yang diberi air rebusan bajakah tetap sehat sel tumor didalam tubuh tikus hilang,  sedangkan tikus yang lainnya tubuhnya penuh benjolan dan akhirnya mati.

Hasil penelitian awal tersebut kemudian oleh guru pembimbing mereka dibawa ke laboratorium Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Setelah diteliti dan berdasarkan hasil uji lab ternyata kayu bajakah mengandung banyak antioksidan dan senyawa anti kanker, diantaranya Flavonoid, terpenoid, tannin, steroid, fenolin dan saponin. Karena sebab inilah, masyarakat mengenal bajakah sebagai obat kanker.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Fitriani, Eldha Sampepana, Suroto Hadi Saputra, pada Balai Riset dan Standardisasi Industri Samarinda, diproleh bahwa akar bajakah merah pada kulit memiliki kadar flavonoid 32,49±3,21 ppm dan kadar air sebesar 5,95%, . Kadar fenolik bajakah putih pada kulit bajakah putih sebesar 163,88±74,75 ppm, tanin sebesar 635,63±61,69 ppm. Sedangkan aktivitas antioksidan bagian kayu akar bajakah merah dikategorikan sangat kuat yaitu sebesar 26,29 ppm.

Apa Saja Khasiat Akar Bajakah Selain Untuk Kanker?

manfaat kayu bajakah

Tanaman bajakah telah digunakan oleh warga suku dayak untuk dijadikan tanaman obat alami.  Mereka secara turun temurun telah menggunakan semua bagian dari kayu bajakah untuk dijadikan obat.  Sementara di daerah Pulang Pisau Kalteng, manfaat kayu bajakah yaitu digunakan sebagai obat untuk disentri dan sakit, serta menyembuhkan luka.

Manfaat akar bajakah yang lain yaitu, bisa menghentikan pendarahan. Setelah diuji laboratorium, kayu bajakah terbukti mengandung senyawa tanin, dan saponin. Adanya 2 senyawa inilah yang merangsang angiogenesis. Angiogenesis sendiri merupakan proses penting dalam penyembuhan luka.

Lantas, Khasiat akar bajakah untuk penyakit apa saja? Berikut adalah khasiat dan manfaat akar bajakah untuk kesehatan selain sebagai obat kanker payudara yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya :

1. Sebagai Obat Perut Mulas Dan Obat Asam Lambung

Suku asli Kalimantan yaitu suku Dayak, telah lama menggunakan kayu bajakah untuk mengobati gangguan pencernaan seperti sakit perut, mules dan sakit lambung. Telah banyak yang membuktikannya, Anda bisa melihatnya di halaman testimoni kayu bajakah .

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat kayu bajakah berikutnya selain untuk menyembuhkan tumor dan kanker adalah untuk mempercepat penyembuhan luka. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Mochammad Maulidie,  Alfiannor Saputera dan Noverda Ayuchecari dari Akademi ISFI Banjarmasin, ditemukan bahwa kandungan senyawa saponin dan tanin didalam kayu bajakah mempercepat proses angiogenesis. Angiogenesis adalah suatu bagian pada proses penyembuhan luka.

3. Memiliki Kandungan Antioksidan Yang Sangat Banyak

    Manfaat kayu bajakah yang ketiga adalah menjaga sistem imunitas tubuh.  Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia / LIPI telah mengadakan penelitian terhadap kandungan kayu bajakah. Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa terdapat kandungan antioksidan yang sangat banyak didalam batang bajakah. Seperti yang kita tau, antioksidan sangat penting untuk membasmi radikal bebas serta menjaga daya tahan tubuh terhadap infeksi virus.

    Rekomendasi : Jual Akar Bajakah Asli Dikirim Langsung Dari Kalimantan

    4. Anti Inflamasi

      Akar bajakah dapat digunakan sebagai anti inflamasi. Akar bajakah mengandung flavonoid, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit. Flavonoid ini bekerja dengan cara menghambat produksi enzim yang bertanggung jawab untuk memicu peradangan.

      5. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

      Salah satu manfaat utama flavonoid adalah kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Studi telah menunjukkan bahwa flavonoid dapat meningkatkan ekspresi gen yang terlibat dalam pembuangan kolesterol dari tubuh, sehingga mengurangi jumlah kolesterol yang tersimpan dalam darah.

      6. Membantu Mencegah Penyakit Jantung

      Penyakit kardiovaskular merupakan salah satu penyakit kronis yang cukup mengkhawatirkan. Salah satu penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat serta rendahnya nutrisi yang berasal buah dan sayur yang dibutuhkan oleh tubuh.

      Menurut buku Flavonoid, from Biosynthesis To Human Health (2017), kandungan antioksidan pada flavonoid dapat berperan untuk mencegah penyakit kardiovaskular ini. Dengan demikian, mengonsumsi makanan yang kaya akan flavonoid dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah perkembangan penyakit kardiovaskular.

      7. Sebagai Obat Pencahar Alami

      Akar bajakah dapat digunakan sebagai obat pencahar alami karena mengandung senyawa kimia yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Tanaman ini mengandung sejumlah zat aktif yang dapat membantu melancarkan pergerakan usus dan mengurangi kembung pada perut. Zat-zat tersebut juga dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh masalah pencernaan.

      Selain itu, akar bajakah juga mengandung bahan-bahan alami seperti asam amino, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

      8. Mengurangi Kadar Gula Dalam Darah

      Khasiat kayu bajakah lainnya adalah untuk membantu mengobati penyakit diabetes. Sebuah jurnal Biomolecules (2019) menyebutkan bahwa salah satu cara untuk mengurangi risiko dan keparahan diabetes tipe 2 adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan flavonoid. Komponen ini dapat membantu mengatur metabolisme glukosa dan aktivitas enzim hati, sehingga dapat menghambat perkembangan diabetes dan komplikasinya.

      Selain itu, flavonoid juga dapat membantu menurunkan kadar lipid dalam darah, yang dapat membantu mencegah masalah kesehatan yang terkait dengan diabetes. Dengan demikian, mengonsumsi makanan yang kaya akan flavonoid seperti air rebusan bajakah dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

      9. Anti malaria

      Penduduk lokal suku Dayak kalimantan dalam aktivitasnya sering sekali bepergian ke dalam hutan belantara. Aktivitas mereka di dalam hutan terkadang untuk berburu, mencari sumber makanan ataupun untuk mendulang emas atau intan.  Khasiat kayu bajakah untuk mengobati malaria sudah umum ketika mereka berada didalam hutan.

      banner Bajakah merah

      10. Mencegah Parkinson dan Alzheimer

      Flavonoid merupakan fitonutrien yang berfunsi sebagai antioksidan. Flavonoid memberi perlindungan pada sistem saraf dari gangguan penyebab utama penyakit Alzheimer dan Parkinson. Fitonutrien ini bekerja dengan mengurangi stres oksidatif pada otak. Dengan berkurangnya stres oksidatif pada otak maka kerusakan neuron penyebab 2 penyakit tersebut bisa dicegah. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan flavonoid dapat membantu mencegah perkembangan penyakit Parkinson.

      11. Mencegah Penuaan Dini

      Sudah tidak asing lagi bahwa antioksidan dapat mencegah penuaan dini pada kulit. Namun, khasiat akar bajakah khususnya flavonoid yang ada didalamnya tidak hanya terbatas pada hal itu. Menurut International Journal Of Molecular Sciences (2022), komponen ini juga memiliki potensi untuk meningkatkan tingkat mortalitas dengan menghilangkan sel-sel yang sudah tidak sehat atau menua.

      Ini berarti bahwa flavonoid dapat membantu tubuh untuk mempertahankan sel-sel yang sehat dan menjaga regenerasi sel dari kerusakan, sehingga tubuh dapat berfungsi dengan baik dan penuaan dini dapat dicegah.

      Rekomendasi :
      70++ Jenis Kayu Bajakah, Jangan Sampai Salah Pilih
      13 Khasiat Akar Bajakah Untuk Kesehatan
      Promo Diskon 50% Akar Bajakah Asli
      Begini warna air rebusan bajakah
      Manfaat Kayu bajakah untuk diabetes
      Manfaat akar kuning untuk kesehatan
      Efek Samping Kayu Bajakah

      12. Memperlambat Infeksi Virus

      Menurut sejumlah penelitian, flavonoid juga dapat bermanfaat sebagai antivirus yang efektif atau untuk menghambat pertumbuhan virus. Beberapa jenis flavonoid dapat mencegah kemampuan virus, seperti H1N1, SARS, RSV, dan HIV, untuk memperbanyak diri.

      Meskipun flavonoid memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dari komponen tersebut.

      13. Meringankan Sakit Disentri Dan Diare

      Pada penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin, kandungan ekstrak etanol dalam batang kayu bajakah mampu menghambat pertumbuhan bakteri E. Coli.  Seperti kita tahu, bakteri ini merupakan penyebab dari sakit diare dan disentri dan menyerang pada usus manusia.

      Dengan begitu banyaknya manfaat akar bajakah tersebut diatas, tidak heran saat ini banyak sekali orang beramai – ramai untuk mencarinya sebagai obat herbal.  Ada yang digunakan sebagai obat kanker payudara,  ataupun untuk menyembuhkan jenis kanker lain, dan ada juga yang untuk mengobati berbagai jenis penyakit degeneratif lainnya.

      Melihat manfaat kayu bajakah yang demikian banyak,  banyak para oknum yang menjual kayu bajakah dengan sembarangan dan harga murah, tanpa melihat jenisnya terlebih dahulu. Hal ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sebelum Anda membeli kayu bajakah, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu ciri – ciri kayu bajakah yang asli, agar Anda terhindar dari penyesalan dikemudian hari.

      Klik >> Bajakah Asli Diskon 50 %