Fakta Kulit Bajakah – Sedikit Orang Yang Tahu

Terakhir diperbarui pada 27 Desember, 2022

Kalimantan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan kekayaan floranya, termasuk salah satunya adalah kayu bajakah. Kayu ini banyak ditemukan di daerah tersebut dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa diantaranya adalah mencegah terjadinya kanker dan diabetes. Namun, tahukah Anda bagian kulit bajakah ternyata juga mengandung manfaat yang besar?

Mengenal Kulit Bajakah

kulit bajakah
kulit akar bajakah

Jika selama ini orang-orang banyak yang menggunakan batang kayu bajakah untuk ramuan herbal maka kulit kayu bajakah pun ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan zat senyawanya pun diklaim lebih banyak dari batangnya. Klaim ini tentu bukan sekedar isapan jempol belaka, karena telah diteliti di beberapa universitas di Indonesia. Sebelum mengetahui hasil penelitiannya, yuk kita lihat kupas tuntas dulu mengenai kulit bajakah ini.

Karakteristik Kulit Kayu Bajakah

Bagian-bagian dari kayu pada umumnya adalah sebagai berikut (dari bagian yang terluar) :

  • Kulit luar
  • Kulit dalam
  • Kambium
  • Kayu gubal
  • Kayu teras
  • Hati kayu

Pada kulit luar kayu bajakah, terdapat gurat – gurat tegas mirip pada kayu mahoni. Pada kondisi masih basah sesaat setelah ditebang, kulit luar kayu bajakah sangat mudah untuk dibersihkan walaupun hanya dengan memakai pisau. Ketebalannya bervariasi tergantung dari umur kayu, antara 1 mm hingga 2 mm.

Sedangkan kulit dalam pada kayu bajakah mempunyai ketebalan dari 0,5 cm hingga 2 cm. Kulit dalam kayu ini mempunyai serat memanjang dan mudah terpisah dengan kambium.

Kandungan Kulit Kayu Bajakah

Sejumlah riset dan penelitian telah dilakukan untuk mengetahui kandungan serta manfaat yang ada dalam tumbuhan bajakah. Salah satu riset yang dilakukan oleh Fitriani, Eldha Sampepana, Suroto Hadi Saputra pada Balai Riset dan Standardisasi Industri Samarinda, menunjukkan hasil yang mengejutkan.

Mereka melakukan penelitian pada tanaman bajakah merah dan bajakah putih. Masing-masing dari tanaman tersebut diambil sampel batang dan kulitnya. Hasil analisa sampelnya adalah sebagai berikut :

Hasil Analisa Kadar Fenolik

hasil analisa kadar fenolik pada kulit bajakah

Keterangan Kode :
BBP = Batang Bajakah Putih
KBP = Kulit Bajakah Putih
BBM = Batang Bajakah Merah
KBM = Kulit Bajakah Merah

Hasil tersebut menunjukkan bahwa sampel kulit pada bajakah putih (KBP ) memiliki nilai total fenolik tertinggi, yaitu 163,88 ppm. Sampel batang kayu akar bajakah merah (BBM) berada di posisi kedua dengan nilai 131,40 ppm, diikuti oleh sampel batang kayu akar bajakah putih (BBP) dengan nilai 129,04 ppm.

Sedangkan sampel kulit pada akar bajakah merah (KBM) memiliki kadar fenol terendah, yaitu 36,30 ppm. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kadar fenol pada kulit bajakah putih lebih tinggi dibandingkan dengan bagian lain dari tanaman bajakah putih dan merah, yang terdiri dari bagian kayu dan akar.

Hal ini mungkin terjadi karena perbedaan jenis tanaman, dimana bajakah putih termasuk jenis species Salicia sedangkan bajakah merah adalah termasuk jenis Uncaria. Selain itu, lokasi habitat dan kadar sinar matahari terpapar juga turut mempengaruhi.

Hasil Analisa Kadar Flavonoid

hasil analisa kadar flavonoidk pada kulit bajakah

Analisis kadar flavonoid pada beberapa sampel tanaman bajakah menunjukkan bahwa sampel kulit pada akar bajakah merah (KBM) memiliki kadar flavonoid tertinggi, yaitu 32,49 ppm. Sampel kulit pada akar bajakah putih (KBP) memiliki kadar flavonoid yang lebih rendah, yaitu 15,95 ppm.

Sedangkan sampel batang kayu akar bajakah putih (BBP) dan batang kayu akar bajakah merah (BBM) memiliki kadar flavonoid yang paling rendah, masing-masing sebesar 9,46 ppm dan 9,31 ppm. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kadar flavonoid pada tanaman bajakah bervariasi tergantung pada bagian tanaman yang diamati. Selain itu, penelitian lain yang menggunakan metanol sebagai pelarutnya menunjukan hasil batang kayu bajakah memiliki kandungan flavonoid yang lebih tinggi dibandingkan dengan kulitnya.

kulit akar bajakah
gambar kulit akar bajakah

Hasil Analisa Kadar Tannin

hasil analisa kadar tanin pada kulit bajakah

Analisis terhadap kadar tanin pada sampel tanaman bajakah menunjukkan bahwa sampel kulit akar bajakah putih memiliki kadar tanin yang lebih tinggi dibandingkan dengan sampel kulit pada akar bajakah merah. Hal ini dapat terjadi karena perbedaan sifat fisik kulit dari kedua sampel tersebut. Kulit kayu bajakah putih memiliki permukaan yang lebih halus dan tipis, sementara permukaan kulit akar bajakah merah lebih kasar dan tebal.

Rekomendasi :
70++ Jenis Kayu Bajakah, Jangan Sampai Salah Pilih
13 Khasiat Akar Bajakah Untuk Kesehatan
Promo Diskon 50% Akar Bajakah Asli
Begini warna air rebusan bajakah
Manfaat Kayu bajakah untuk diabetes
Manfaat akar kuning untuk kesehatan
Efek Samping Kayu Bajakah

Manfaat Kulit Bajakah

Setelah mempelajari hasil penelitian diatas, dapat kita simpulkan bahwa kulit bajakah mempunyai kandungan Fenolik, Tanin dan Flavonoid yang lebih kuat jika dibandingkan dengan batang kayu bajakah. Selain itu, kulit pada akar bajakah juga mempunyai kadar antioksidan yang cukup tinggi.

Zat-zat tersebut diatas telah diakui dalam dunia kesehatan mempunyai manfaat yang bagus bagi kesehatan. Sehingga menjadikan kulit bajakah mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat kulit bajakah yaitu :

  • Anti diare
  • Anti bakteri
  • Antioksidan
  • Mencegah penuaan dini
  • Menambah imun pada tubuh
  • Mencegah kanker
  • Pereda nyeri
  • Mengurangi peradangan otot
  • Mengurangi kadar kolesterol
  • Membantu mengurangi kadar gula
  • Menurunkan tekanan darah
  • Membantu menurunkan resiko penyakit jantung

Dengan berbagai manfaat tersebut, tidak heran jika kayu bajakah menjadi salah satu obat herbal yang diminati pada saat ini.

Cara Mengkonsumsi Kulit Bajakah

Ada beberapa cara mengkonsumsi kulit kayu bajakah agar berkhasiat bagi kesehatan. Berikut adalah caranya :

  • Dipisahkan dari batangnya, kemudian kulitnya direbus atau diseduh.

Cara ini tergolong memerlukan tenaga, keahlian serta waktu ekstra. Jika Anda tidak terbiasa maka kemungkinan tergores pisau bisa saja terjadi.

  • Dipisahkan dari batangnya, kemudian kulitnya dijadikan serbuk

Jika Anda sering bepergian maka serbuk kulit bajakah ini bisa menjadi solusi. Cukup tuang dan seduh maka khasiat bajakah bisa langsung Anda rasakan. Namun cara ini tidak kami sarankan jika Anda membeli serbuk teh bajakah yang sudah jadi. Karena Anda tidak tahu persis serbuk kayu apa yang ada didalamnya. Penjelasan lengkapnya ada disini.

  • Direbus bersama dengan batangnya

Cara ini boleh dibilang merupakan cara yang terbaik. Selain mendapatkan manfaat dari kulit bajakah, Anda juga mendapakan manfaat dari batangnya, sehingga tidak ada yang terbuang sia-sia. Khasiat akar bajakah juga akan semakin terasa dengan merebus bersama batangnya.

Jika Anda tertarik untuk mencoba khasiat akar kayu bajakah, kami telah pilihkan jenis yang sesuai dengan keluhan dan penyakit Anda. Anda bisa memesannya langsung secara online melalui tautan ini atau klik pada gambar dibawah ini.

produk kalalawit
Bajakah Kalalawit Merah Asli
produk tampala super
Bajakah Tampala Super Asli
produk bajakah akar kuning
Bajakah Kuning Asli

Semoga bermanfaat !