Pohon Bajakah, Pohon Ajaib Dengan Segudang Manfaat

Terakhir diperbarui pada 27 Desember, 2022

aiman minum air bajakah

pohon bajakah – aiman dari kompas tv

Anda pasti penasaran dengan pohon bajakah. Ya, Tanaman bernama bajakah ini mendadak menjadi sangat terkenal. Tiga orang Pelajar dari kota  Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mempromosikannya melalui suatu ajang kompetisi internasional di Korea Selatan. Mereka memperkenalkan kayu bajakah sebagai satu jenis tanaman yang bisa menyembuhkan penyakit yang mematikan yaitu kanker payudara.

Serba Serbi Pohon Bajakah

Tanaman bajakah tampala (Latin : Spatholobus Littoralis Hassk) adalah suatu jenis tumbuhan merambat yang ketinggiannya bisa mencapai 10 meter. Biasanya merambat pada pohon kayu dari suku Phaseoleae. Tanaman ini pertama kali ditemukan pada tahun 1842 oleh Justus Karl Hasskarl, seorang ahli Botani berkebangsaan Jerman.

Terdapat sekitar 29 spesies genus Spatholobus Hassk. Semua spesies tersebut tersebar di hutan tropis Indonesia khususnya di pulau Kalimantan.

Ciri-Ciri Pohon Bajakah

pohon bajakah
gambar pohon bajakah

Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat keatas. Batangnya berdiameter 5 cm – 20 cm. Habitatnya ada di dataran tinggi maupun di dataran rendah dan di daerah rawa. Untuk pohon bajakah yang tumbuh di daerah rawa, warna batang bagian dalamnya cenderung lebih merah.

Daun pohon bajakah berbentuk oval dengan ketebalan sedang. Warna daunnya hijau muda hingga hijau tua, dengan tulang daun tegas.

Nama Lain Pohon Bajakah

Di daerah Kalimantan tengah, penduduk lokal menyebutnya dengan bajakah. Di daerah Berau lain lagi penyebutannya. Tanaman ini lebih dikenal dengan nama Balaka. Salah satu ciri kayu bajakah asli ialah pertumbuhannya yang merambat ke atas. Sesuai dengan namanya, arti Bajakah sendiri dalam bahasa dayak tumbuhan yang merambat.

Penyebutan pohon bajakah juga berbeda untuk warga di Kalimantan barat. Tanaman ini dinamakan belaran bagi masyarakat di sana.

Setelah pohon ini menjadi viral, penyebutannya pun bertambah banyak. Ada yang menyebutnya dengan pohon akar bajakah, pohon kayu bajakah, kayu bajakah atau akar bajakah. Semuanya merujuk pada satu tanaman yang sama yaitu pohon bajakah.

Rekomendasi :
70++ Jenis Kayu Bajakah, Jangan Sampai Salah Pilih
13 Khasiat Akar Bajakah Untuk Kesehatan
Promo Diskon 50% Akar Bajakah Asli
Begini warna air rebusan bajakah
Manfaat Kayu bajakah untuk diabetes
Manfaat akar kuning untuk kesehatan
Efek Samping Kayu Bajakah

Manfaat Pohon Bajakah Asli Kalimantan

Manfaat kayu bajakah telah lama diketahui oleh masyarakat pedalaman. Masyarakat suku Dayak sering menyamakannya dengan istilah ‘gentong’ nya orang Dayak.  Kenapa gentong? karena warga suku pedalaman jika berjalan di hutan tidak perlu membawa bekal air untuk diminum. Jika haus melanda cukup dengan memotong akar bajakah, air pun mengucur dengan deras. Rasa haus pun sirna seketika.

Selain itu, tanaman kayu bajakah ini juga sudah sering digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan luka, sakit perut, serta menambah stamina.

Merujuk pada Jurnal Pangan Universitas Negeri Pontianak, pohon bajakah mengandung zat penting fenolik, flavonoid, tanin, dan saponin didalam batang maupun kulitnya. Semua senyawa tersebut diklaim mampu mengobati berbagai penyakit degeneratif seperti tumor, kanker diabetes.

Ternyata Ada Bajakah Yang Beracun

Selain banyak manfaatnya, ternyata tanaman bajakah juga mempunyai satu jenis yang beracun. Akar bajakah beracun ini sering disebut dengan akar tuba dan biasanya digunakan untuk menangkap ikan. Dengan menggunakan jenis bajakah ini ikan akan pusing sehingga mudah untuk ditangkap. Bayangkan jika jenis ini yang Anda minum, tentu akan berakibat efek samping kayu bajakah yang negatif.

Hanya orang yang mempunyai pengalaman serta sering berada di hutan yang bisa mengetahui jenis bajakah yang beracun ini.  Oleh karena itu, jika Anda berencana membeli akar bajakah secara online, ada baiknya berhati-hati terutama dengan harga yang terlalu murah. Pastikan Anda membeli akar bajakah asli bukan yang mirip bajakah apalagi yang beracun.

Fakta Pohon Kayu Bajakah

Beberapa fakta tentang pohon bajakah ini mungkin akan mengejutkan Anda :

1. Bajakah Telah Lama Digunakan Oleh Masyarakat Suku Dayak Kalimantan

Sekitar 11 tahun yang silam,  ketika kami berkunjung ke Kampung Teluk Sumbang, Kecamatan Bidukbiduk.  Waktu itu kami bersama dengan rombongan dari tim Kementerian Sosial (Dulu Departemen Sosial) sedang mengerjakan film dokumenter kehidupan suku Punan Basap di Teluk Sumbang. Lokasi syutingnya di gua dalam hutan yang dulu mereka tempati.

Ditengah proses pembuatan film , kami diberitahu oleh warga Punan Basap beberapa jenis tumbuhan yang terdapat di hutan. Ada jenis tumbuhan  yang bisa memberikan kemudahan untuk yang sedang susah hamil ada pula yang sering digunakan untuk menyembuhkan luka, yaitu tanaman bajakah. Kami juga diberi tanaman akar kuning atau bajakah kuning yang khasiatnya juga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

2. Kandungan Antioksidan Lebih Tinggi Dibanding Vitamin C dan E

Hasil penelitian pada Balai Riset dan Standardisasi Industri Samarinda menyimpulkan bahwa tanaman akar bajakah merah dan putih memiliki kandungan metabolit sekunder, seperti fenolik, tanin, flavonoid, dan memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat. Dengan kata lain, akar bajakah mampu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penuaan. Aktivitas antioksidan ini bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin C dan E.

3. Populasi Tanaman Bajakah Mulai Berkurang

Dengan semakin viralnya pemberitaan di media online, pencarian kayu bajakah pun semakin masif dilakukan. Mulai dari yang sekadar ingin tahu, kreator konten sampai pengepul-pengepul besar yang mengerahkan orang-orang untuk mencari dan mengambil batang dari pohon akar bajakah.

Tentu saja ini menjadikan populasi tanaman bajakah Kalimantan semakin berkurang. Hal yang paling jelas terlihat adalah dulu kami cukup mencari di pinggir-pinggir luar hutan dekat dengan jalan, saat ini kami harus masuk jauh kedalam hutan untuk menemukan pohon akar bajakah.

4. Bajakah Mempunyai Puluhan Hingga Ratusan Jenis

Dengan jumlah spesies sebanyak 29, jenis pohon bajakah juga sangatlah banyak dan semuanya memiliki karakteristik yang hampir sama. Contoh nyata adalah tanaman cakar elang yang karakteristiknya sangat mirip dengan bajakah kalalawit merah. Sehingga tidak heran jika kayu bajakah banyak dijual di marketplace-marketplace online dengan harga yang sangat murah bahkan tidak masuk akal.

Hal ini tentu saja kekhawatiran calon pembelinya, apakah jenisnya sesuai dengan penyakit yang diderita, kemudian apakah termasuk jenis yang beracun atau tidak. Kami sarankan agar Anda bijak dalam memilih produk kayu bajakah yang dijual serta tidak tergiur dengan harga yang murah serta tidak wajar.

Karena sesuai dengan hukum ekonomi, harga pasti mengikuti supply dan demand. Ditengah semakin menyusutnya populasi pohon kayu bajakah serta tingginya permintaan pasar akan kayu bajakah, maka sangatlah tidak realistis jika ada yang menjual dengan harga yang sangat murah.

Dengan berbagai informasi dan fakta tersebut diatas, semoga Anda semakin tercerahkan mengenai pohon kayu bajakah.
Semoga bermanfaat !

Klik >> Bajakah Asli Diskon 50 %