fbpx
peta bajakah sulawesi selatan

Mencari Keberadaan Tanaman Kayu Bajakah di Sulawesi Selatan

Beberapa teman yang berasal dari daerah makassar pernah berkata kepada kami, bahwa mereka pernah melihat tumbuhan seperti kayu bajakah di sulawesi selatan.  Penasaran dengan berita tersebut, kamipun mencoba untuk mengontak beberapa kenalan yang ada di pulau Sulawesi.

Hal ini sebenarnya bukan berita yang mengherankan. Sebelumnya juga pernah terdengar adanya tanaman yang mirip dengan bajakah didaerah Jambi. Penemuan tersebut tentu saja membuat pemerintah daerah setempat tertarik untuk menelitinya lebih lanjut. Apakah benar memang sejenis dengan jenis kayu bajakah yang ada di Kalimantan?

Tanaman Bajakah Di Sulawesi Selatan

Beberapa kenalan dan kerabat kami kebetulan ada yang berdomisili di provinsi Sulawesi selatan. Ada yang di Makassar, Barru maupun di Bulukumba. Kami pun mencoba untuk memberikan sedikit “tugas” kepada mereka.

Kami meminta mereka untuk melakukan pengamatan ke dalam hutan – hutan yang dekat dengan domisili mereka. Salah satunya yaitu didaerah pegunungan Palakka di kabupaten Barru.

Untuk kerabat yang berada di Makassar, kami meminta mereka untuk mengobservasi ke daerah Lantebung, lokasi dimana terdapat banyak pohon mangrove. Mungkin saja ada disana, sebagaimana di Kalimantan, tanaman bajakah juga banyak terdapat di daerah rawa atau daerah gambut.

Diperlukan setidaknya beberapa kali pengamatan untuk memastikan ada tidaknya keberadaan tanaman bajakah. Kami perkirakan waktu yang diperlukan adalah sekitar 2 sampai 3 bulan. Mengingat keterbatasan waktu dari para kerabat kami. Kami pun selalu bersyukur ada yang secara sukarela telah membantu mewujudkan penelitian kecil ini.

Tujuan observasi di beberapa titik di Sulawesi selatan ini tidak lain adalah untuk mengetahui keberadaan tanaman bajakah di negara kepulauan tercinta ini.  Kami berharap, jika ditemukan lokasi kayu bajakah di luar pulau Kalimantan akan memberikan harapan bagi kelestarian tanaman ini.

Kami pun berharap khasiat kayu bajakah akan bisa dirasakan oleh segenap lapisan masyarakat hingga generasi yang akan datang. Agar kita bisa mewarisi peninggalan yang berharga bagi anak cucu kelak.

Kita tunggu saja hasilnya, Semoga sesuai dengan ekspektasi dan harapan.

Semoga bermanfaat !

 

 

Tinggalkan komentar