Fakta Kandungan Akar Bajakah Ternyata Mencengangkan

Fakta Kandungan Akar Bajakah Ternyata Mencengangkan

Penasaran dengan kandungan dari akar bajakah? Ahmad Fathoni, seorang peneliti pada Laboratorium Kimia Bahan Alam di Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebutkan, terdapat kandungan senyawa aktif antioksidan yang sangat berlimpat didalam obat kanker bajakah.

Kandungan Akar Bajakah

Akar bajakah mengandung zat penyembuh kanker yaitu alkoloid, tannin,  fenolik, steroid, terpenoid, saponin flavonoid. Berlimpahnya zat aktif antioksidan menjadikannya penawar radikal bebas yang ampuh bagi kesehatan tubuh.

Fakta ini juga diperkuat oleh Eko Suhartono yang merupakan Kepala Laboratorium Bio Kimia dan Molekul di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Eko menyebutkan bahwa kandungan  akar bajakah sangat kaya akan  senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk membunuh sel kanker.

Sebagaimana telah menjadi viral sebelumnya, info Bajakah berawal dari penelitian tiga siswa SMAN 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Ketiga siswa tersebut meneliti tentang tanaman langka ini agar bisa dijadikan sebagai obat kanker.  Tak disangka, penelitian mereka tersebut berhasil memenangkan medali emas di event kompetisi Life Science di Seoul, Korea Selatan. Mereka juga sekaligus mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Ketiga siswa tersebut mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa ekor mencit atau tikus kecil berwarna putih (mus cumulus). Tikus – tikus tadi sebelumnya telah disuntikkan sel tumor atau kanker.  Didalam tubuh tikus sel kanker berkembang. Hal ini diketahui dari ciri banyaknya benjolan pada tubuhnya mulai dari ekor hingga kepala. Tikus-tikus tadi kemudian diberikan ekstrak akar bajakah. Setelah pengamatan selama 50 hari, ternyata cairan kayu Bajakah mampu menyelamatkan nyawa tikus tadi.

Melalui guru pembimbingnya, hasil ini pun ditindak lanjuti dengan mengirim sampel ke laboratorium Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Setelah dilakukan penelitan, kandungan akar bajakah ternyata memang banyak memiliki zat anti kanker. Oleh karena itu, manfaat akar bajakah sangat baik untuk terapi penyembuhan tumor dan kanker.

Namun Fathoni mengingatkan agar perlunya penelitian lebih lanjut terkait nama ilmiah agar keberlangsungan tetap terjaga serta pentingnya pengisolasian senyawa aktifnya supaya lebih efektif dalam pengobatan kanker dan tumor.

Ia juga menekankan perlunya studi lebih lanjut tanaman Bajakah sebagai obat kanker. supaya aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping kayu bajakah. Kemudian agar terjaga khasiatnya serta berkualitas tinggi maka dibutuhkan aksi bersama dari masyarakat dan pemerintah untuk menjaga habibat dan kelestariannya

Fathoni berujar, agar bisa diakui sebagai obat, maka perlu dilakukan uji pra klinis melalui serangkaian uji hewan percobaan hingga uji klinis , pengujian ke manusia. Karena ini terkait dengan aspek keamanan serta khasiat.  Setelah lolos 2 uji tersebut make grade obat tradisional (jamu herbal) akan meningkat menjadi bentuk obat herbal terstandar maupun sediaan fitofarmaka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *