7 Obat Herbal Kalimantan Yang Ampuh Mengobati Berbagai Penyakit

Metode pengobatan herbal dewasa ini semakin mendapatkan tempat dihati masyarakat. Selain karena faktor harga yang lebih murah, efek sampingnya juga cenderung rendah bagi kesehatan. Daerah yang termasuk mempunyai banyak produk herbal adalah Kalimantan. Kami telah merangkum 7 obat herbal kalimantan yang terbukti ampuh mengobati berbagai macam penyakit.

Obat Herbal Kalimantan Yang Terkenal  

  1. Tongkat Ali

    Tongkat Ali atau yang lebih dikenal dengan pasak bumi memang telah semenjak dulu terkenal hingga keluar negeri. Khasiatnya yang utama adalah untuk meningkatkan vitalitas dan stamina bagi kaum pria.

Berbagai penelitian pun telah dilakukan baik didalam maupun diluar negeri. Terbukti memang bahwa pasak bumi meningkatkan fertilitas atau kesuburan bagi kaum pria setelah rutin meminum ekstrak atau rebusan air kayu pasak bumi. Manfaat lainnya adalah meningkatkan stamina dan vitalitas sehingga sangat bermanfaat untuk produktivitas.

  1. Kayu Bajakah ( Obat Herbal Kalimantan Yang Populer Saat Ini )

    Kayu bajakah merupakan obat herbal kalimantan yang tengah populer baru-baru ini.  Hal ini setelah tiga orang siswa dari kota Palangkaraya berhasil menjuarai lomba karya ilmiah remaja ditingkat nasional. Kemudian mereka pun mengikuti kejuaraan serupa namun di level lebih luas lagi, yaitu internasional.  Hasilnya pun sangat menggembirakan, lagi-lagi mereka berhasil menjuarai ajang bergengsi tersebut.

Penelitian mereka tentang kayu bajakah memberikan hasil bahwa ternyata kayu bajakah bisa untuk menyembuhkan kanker. Dari hasil uji lab, diperoleh fakta bahwa kandungan kayu bajakah terdapat sangat banyak zat antikanker serta zat antioksidan. Zat-zat tersebut antara lain fenolik, alkoloid, steroid, flavonoid, tannin.

  1. Bawang Dayak 

Bawang dayak atau sering juga disebut dengan bawang hantu karena tumbuhnya dihutan didaerah Kalimantan tengah.  Tanaman ini diketahui telah lama dibudidayakan oleh warga suku Dayak.

Bawang dayak mempunyai banyak manfaat diantaranya sebagai anti kanker, menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta bagus juga untuk mencegah penyakit jantung koroner.

Bentuk dari bawang dayak tidak ubahnya seperti bentuk bawang pada umumnya.  Namun perbedaan yang paling menonjol ialah pada bentuk umbinya yang lebih lonjong jika dibandingkan dengan bawang biasa. Kemudian warna merahnya juga lebih kuat.

  1. Daun Kratom

Obat herbal kalimantan ini sempat viral karena mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan dijuluki juga sebagai daun Dewa.  Namun tanaman ini kemudian menjadi kontroversial karena efek sampingnya yang membuat kecanduan jika dikonsumsi dalam dosis yang tinggi.

Kratom sebenarnya masih berkeluarga dengan tanaman kopi.  Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa kratom bermanfaat sebagai stimulan  penenang, serta meredakan rasa nyeri. Saat ini kratom sudah dikategorikan menjadi narkotika golongan 1 oleh Badan Narkotika Nasional.

  1. Buah Raja Mandak

Buah ini termasuk kategori buah hutan. Berdasarkan informasi dari warga asli suku Dayak, buah ini hanya terdapat di hutan kalimantan. Buah raja mandak mempunyai manfaat untuk  mengobati luka didalam organ tubuh . Seperti luka lambung atau maag, kemudian luka usus atau luka setelah operasi dan melahirkan.

  1. Akar Kuning

Mirip seperti kayu bajakah, akar kuning ini ternyata juga bisa untuk mengobati penyakit kanker hati.  Bahkan akar kuning ini juga ternyata sudah dipatenkan.   Ekstrak akar kuning bermanfaat untuk  memperbaiki fungsi hati dengan cara menurunkan kadar serum  bilirubin dan serum transaminase .

  1. Sungkai

Daun sungkai merupakan tanaman yang cukup terkenal di pulau Kalimantan.  Nama ilmiahnya adalah Peronema conescens. Manfaat dari daun sungkai adalah untuk mengobati luka terbuka.

Manfaat lainnya adalah mengobati malaria. Caranya dengan merebus bagian kulit batang pohonnya kemudian air rebusan tersebut diminum.

Daun sungkai juga berkhasiat untuk menjaga stamina serta meningkatkan imunitas tubuh.  Masyarakat suku  Dayak Paser diketahui memakai air rebusan daun sungkai ketika mereka mandi untuk mengobati gatal-gatal.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *