3 Obat Kanker Herbal Dari Kalimantan Yang Mendunia

Tidak diragukan lagi, keberadaan herbal sebagai pengobatan alternatif sudah semakin dikenal dimasyarakat.  Kalimantan sebagai paru-paru dunia ternyata menyimpan kekayaan flora yang menakjubkan.  Beberapa obat kanker herbal dari kalimantan pun telah ditemukan dan ramai dikonsumsi. Apa saja herbal tersebut?

3 Obat Kanker Herbal Dari Kalimantan Yang Populer

Akar Kuning

akar kuning obat kanker herbal dari kalimantanManfaat utama dari akar kuning dayak  ini adalah untuk mengobati penyakit gangguan fungsi hati seperti hepatitis, sirosis hepatitis, liver, gangguan hati lainnya.  Akar kuning telah dikenal semenjak dahulu sebagai obat kanker herbal dari kalimantan, utamanya untuk kanker hati.  Bahkan akar kuning juga sudah dipatenkan dan menjadi bahan baku obat untuk penyakit gangguan hati.

Bawang Dayak

Nama lain dari bawang dayak adalah bawang hantu. Dinamakan demikian karena tumbuhnya didalam hutan kalimantan. Walaupun demikian saat ini warga lokal sudah mulai banyak yang membudidayakannya di pekarangan rumah mereka.

Bawang dayak mempunyai kandungan flavonoid, tannin dan fenolat. Kandungan-kandungan ini memiliki sifat antioksidan sehingga sangat ampuh untuk membersihkan radikal bebas didalam tubuh .  Radikal bebas sendiri merupakan penyebab tumbuhnya sel kanker serta penyebab penuaan dini.

Kayu Bajakah , Obat Kanker Herbal Dari Kalimantan Yang Viral

Kayu bajakah sering juga disebut dengan akar bajakah, adalah suatu tanaman liar yang hidup dihutan kalimantan.  Bajakah diketahui telah lama digunakan oleh penduduk asli kalimantan dalam berbagai pengobatan. Utamanya adalah mengobati luka .

Nama bajakah menjadi tenar setelah tiga orang siswa asal kota Palangkaraya berhasil menjuarai lomba karya ilmiah tingkat nasional serta tingkat internasional.  Topik penelitian mereka adalah seputar kandungan kayu bajakah yang ternyata bisa untuk mengobati kanker payudara.

Hasil penelitian di laboratorium Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Kalimatan selatan menunjukkan bahwa bajakah banyak sekali mengandung zat anti kanker dan zat antioksidan. Diantaranya adalah flavonoid, tannin, fenolik ,steroid, alkoloid yang diketahui sangat ampuh untuk membunuh sel-sel kanker.

Setelah berita ini viral, perburuan kayu bajakah menjadi sangat masif sehingga mengkhawatirkan berbagai pihak.  Saat ini peredaran kayu bajakah telah dibatasi. Pemerintah provinsi Kalimantan selatan dan Kalimantan tengah telah mengeluarkan peraturan mengenai peredaran kayu bajakah tersebut.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *