Jenis Kayu Bajakah Ada Banyak, Jangan Sampai Salah Pilih

Kayu Bajakah saat ini memang tengah viral dan banyak dibicarakan oleh warganet.  Hal ini terjadi karena dua siswi SMA asal Palangkaraya telah berhasil memenangkan medali emas di kontes Worls Invetion Creativity pada tanggal 25 juli 2019 di Seoul Korea Selatan.

2 siswi tersebut yaitu Anggina Rafitri dan Aysa Maharani melakukan penelitian dan uji coba di laboratorium Universitas Lambung Mangkurat mengenai ekstrak kayu bajakah yang diberikan kepada tikus putih. Tikus putih tersebut diberi suntikan sel tumor.

Setelah dilakukan pengamatan selama kurang lebih 50 hari didapatkan fakta dan manfaat kayu bajakah yaitu, tikus putih yang diberi ekstrak kayu bajakah benjolannya mengecil dan tetap sehat. Sedangkan yang tidak diberi ekstrak bajakah tumornya membesar dan mati.

Ada Berapa Jenis Tanaman Bajakah?

Setelah viral, tentu saja tanaman bajakah banyak diburu oleh orang-orang, tidak hanya warga lokal namun juga orang-orang dari luar daerah. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah pun sampai mewanti-wanti supaya masyarakat teliti ketika membeli kayu bajakah agar tidak terjadi efek samping setelah meminum air rebusan bajakah.  Sebab, pohon bajakah ada lebih dari 200 jenis dan di antara 200 jenis bajakah ini ada yang mengandung racun yang berbahaya jika dikonsumsi.

Jenis – Jenis Kayu Bajakah

Setelah diteliti lebih jauh, 200 jenis pohon bajakah tersebut mengerucut dalam 3 golongan besar. Yaitu :

1. Bajakah Tampala

Nama latin jenis ini adalah Spatholobus Littoralis HasskJenis kayu bajakah inilah  yang sedang dipercaya bisa menyembuhkan kanker dan tumor. Kandungan melimpah zat anti kanker seperti senyawa alkonoid, terpenoid, steroid, fenolik, flavonoid, tannin dan saponin juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

jenis kayu bajakah

2. Bajakah Lamei

Jenis kayu bajakah ini banyak mengandung air. masyarakat asli Kalimantan Tengah banyak yang meminum secara langsung cairan yang terkandung di akarnya atau batangnya. .

Jenis bajakah lamei ini adalah tanaman hutan tropis yang tumbuhnya dengan cara merambat.

3. Bajakah Kalalawit (Uncaria Gambir Roxb)

Bajakah jenis Kalalwit ini mempunyai kandungan antibacterial dan phenol.  Selain itu juga terdapat kandungan katekin yang cukup tinggi. Kandungan ini dipecaya bisa mencegah penyakit jantung, membantu pembentukan kolagen hingga menurunkan berat badan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *