fbpx
bahaya akar bajakah yang beracun

Hati-Hati Dengan Akar Bajakah Yang Beracun, Nyawa Taruhannya

Bajakah sudah menjadi topik sendiri diseantero penjuru negeri. Namun tahukah Anda,  ternyata terdapat banyak sekali jenis tanaman bajakah. Salah satunya bahkan ada yang beracun. Akar bajakah yang beracun ini bahkan sering dipakai oleh warga pedalaman kalimantan untuk membunuh ikan disungai.

kayu bajakah beracun

Siapa yang tak kenal dengan tanaman bajakah. Ya, saat ini tanaman tersebut telah menjadi bahan perbincangan diberbagai lapisan masyarakat. Hal ini disebabkan karena viralnya pemberitaan mengenai manfaat kayu bajakah yang berhasil ditemukan oleh 3 orang siswa SMA di kota Palangkaraya.

Masyarakat pun seolah dikomando, serentak untuk mencari tanaman tersebut. Ada yang untuk dijadikan obat penyembuh kanker, ada yang untuk dijual, ada pula yang hanya penasaran dengan bentuk kayu bajakah itu sendiri.

Perburuan tanaman inipun akhirnya menyisakan beberapa persoalan. Salah satunya adalah ketidaktahuan masyarakat tentang jenis kayu bajakah, yang jenis mana yang bisa digunakan untuk obat kanker dan mana yang merupakan jenis kayu bajakah beracun.

Akhirnya yang terjadi adalah, para penjual bajakah musiman yang menjual dengan asal-asalan, tanpa mempelajari terlebih dahulu tentang barang yang dijualnya. Tentu saja hal ini berimbas pada ketidak kepuasan konsumen, sehingga dikhawatirkan akan berimbas pada citra negatif dari tanaman bajakah itu nantinya.

Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui ciri bajakah untuk racun ikan tersebut?

Ciri Akar Bajakah Yang Beracun 

Bagi masyarakat pedalaman Kalimantan tentu tidak sulit untuk membedakannya. Namun bagi orang kalimantan kebanyakan apalagi  orang luar daerah kalimantan akan kesulitan untuk membedakannya.

Kami sebagai warga asli pedalaman tentu sangat senang untuk membagikan cara mengetahui kayu bajakah yang beracun ini.

Ciri yang sangat menonjol adalah pada lapisan kulit luarnya. Akar bajakah yang beracun mempunyai lapisan kulit yang agak susah untuk dikelupas, walaupun dengan menggunakan pisau. Berbeda dengan jenis akar bajakah obat, kulit luarnya sangat mudah dikelupas, bahkan dengan tangan sekalipun.

Kemudian ciri yang lainnya adalah warna airnya. Jenis kayu bajakah yang beracun mempunyai air yang berwarna agak putih seperti susu. Jika memungkinkan, rendamlah sebentar akar bajakah kemudian pukul pukul batangnya dengan benda keras, seperti palu atau jenis kayu keras.  Jika air yang menetes keluar berwarna bening maka bisa dipastikan itu bukanlah jenis yang beracun.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan. Semoga menambah wawasan. Jika Anda ingin beli kayu bajakah online jangan lupa untuk pelajari tips-tipsnya agar tidak menyesal dikemudian hari.

 

 

Tinggalkan komentar