Mengenal Lebih Jauh Tentang Kayu Bajakah Tuba

Kayu Bajakah Tuba, Jenis Kayu Bajakah Yang Ternyata Beracun

Geger penemuan kayu bajakah baru-baru ini ternyata menyisakan dampak yang kurang baik bagi sebagian calon pembeli. Bagaimana tidak, ternyata bajakah ada yang jenisnya beracun, yaitu kayu bajakah tuba.

Mirisnya, saat ini banyak sekali pedagang-pedagang dadakan yang asal ambil bajakah dihutan tanpa mengetahui jenisnya terlebih dahulu. Tentu saja ini sangat tidak etis dan sangat merugikan konsumen.

Memang manfaat kayu bajakah yang utama adalah menyembuhkan kanker dan tumor. Namun jika salah beli maka bisa-bisa berakibat fatal dan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Kayu bajakah tuba ini umumnya digunakan oleh masyarakat asli pedalaman Kalimantan untuk mencari ikan disungai. Dengan mengambil getahnya, mereka mencampur getah bajakah tersebut kedalam air, kemudian disebar di lokasi sungai. Tidak berapa lama, ikan-ikan pun akan bergelimpangan.

Ciri Kayu Bajakah Tuba

Jika diamati secara sekilas, tidak ada yang berbeda dari bajakah yang beracun dan yang tidak. Orang awam tentu saja akan kebingungan jika disuruh memilih. Namun ada beberapa ciri khas yang bisa digunakan untuk membedakannya.

Pertama, perhatikan daunnya. Daun bajakah jenis yang beracun bentuknya lebih lebar dan memanjang. Kemudian perhatikan pula kulit luarnya. Meskipun penampakannya sangat mirip, namun kulit luar kayu bajakah tuba lebih lengket dan lebih susah untuk dikerik walaupun menggunakan pisau. Berbeda dengan jenis bajakah untuk obat kanker, kulit luarnya sangat mudah untuk dikelupas.

Kemudian guratan kulit luar bajakah tuba lebih halus, sedangkan guratan bajakah jenis obat lebih jelas.

Kemudian ada lagi cara untuk membedakannya, yaitu getah atau air yang keluar dari dalam batang bajakah tuba berwarna putih seperti susu. Sangat berbeda jika dibandingkan dengan air yang keluar dari kayu bajakah jenis obat yang bening seperti air biasa.

Jika punya kesempatan, cobalah untuk memasukkan kayu bajakah kedalam air, agar basah kemudian pukul pukul bajakah tersebut dengan benda padat, entah kayu jenis lain, palu atau alat yang lainnya. Perhatikan warna cairan yang keluar dari rongga batang bajakah tersebut.

Demikian informasi tentang bajakah ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar