Inilah Jenis Bajakah Untuk Kanker dan Tumor

Viralnya berita kayu bajakah untuk mengobati kanker membuat masyarakat sangat antusias untuk memburunya. Namun tidak banyak yang tahu jenis bajakah untuk kanker itu yang jenis apa? Penasaran ingin tahu? baca terus artikel berikut.

Jenis Bajakah Untuk Kanker dan Tumor

Bajakah adalah kata dalam bahasa Dayak yang berarti menjalar atau merambat. Setelah dilakukan penelititan,  jenis bajakah ternyata ada ratusan, sampai kira-kira 200 jenis. Tidak semua jenis tersebut bisa digunakan untuk pengobatan, Bahkan sebagian diantaranya ada yang beracun. Oleh karenanya, agar menghindari efek samping kayu bajakah yang tidak diinginkan, masyarakat sebaiknya berhati-hati.

Manfaat kayu bajakah sebagai penyembuh kanker memang telah banyak yang mengakuinya. Berbagai macam testimoni kayu bajakah pun berterbaran di Internet. Namun tahukah Anda jenis bajakah untuk kanker dan tumor?

Dari 200 jenis kayu bajakah tersebut diatas, jika digolongkan lagi maka akan mengerucut menjadi 3 jenis yaitu :

  1. Bajakah Tampala
    Nama latinnya adalah Spatholobus Littoralis Hassk. Jenis bajakah ini yang dipercaya merupakan penyembuh penyakit kanker dan tumor.  Kandungan didalam batangnya berlimpah senyawa fenolik, tannin, flavonoid,  alkoloid serta saponin sebagai antioksidan yang bisa membunuh sel kanker. Manfaat lainnya adalah membantu mempercepat penyembuhan luka.
  2. Bajakah Lamei
    Bajakah jenis ini juga mengandung banyak air. masyarakat asli Kalimantan sering  meminumnya secara langsung dengan cara memotong batang atau akarnya.
  3. Bajakah Kalalawit
    Nama latinnya adalah Uncaria Gambir Roxb. Kandungan yang terdapat di Bajakah Kalalawit ini yaitu phenol dan antibacterial.  Kemudian terdapat juga kandungan katekin yang cukup tinggi.

Jika Anda ingin beli akar bajakah untuk pengobatan maka kami sarankan untuk selalu waspada, terutama jika ada penawaran dengan harga yang tidak masuk akal, sangat murah misalnya.

Ketersediaan akar kayu bajakah saat ini sudah mulai semakin susah ditemukan. Hal ini akibat dari perburuan masif oleh masyarakat yang ingin memanfaatkannya. Pengiriman kayu bajakah keluar kota Palangkaraya bahkan tercatat pernah menembus angka 1 ton perhari.

Dengan semakin langkanya kayu bajakah tentu saja berimbas pada harga yang ikut terkerek naik. Jadi jika ada yang menjual dengan harga yang sangat murah saran kami adalah abaikan saja. Sebagai informasi, harga pasaran kayu bajakah kering saat ini adalah sekitar Rp. 300.000 – Rp. 500.000 perkilogramnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *