Ternyata Begini Rasa Air Bajakah Asli

Saat ini telah viral pemberitaan tentang kayu bajakah, baik di sosial media, media cetak maupun di media online lainnya. Ya, tanaman penyembuh kanker dari Kalimantan ini namanya semakin terkenal hingga ke luar negeri. Namun ternyata banyak juga yang masih belum tahu bagaimana rasa dan bentuk dari air bajakah asli tersebut.

Untuk memuaskan rasa keingintahuan dari beberapa pelanggan, kami pun ikut serta turun langsung ke dalam hutan dalam rangka pencarian air bajakah asli.

Kebetulan waktu itu kami sedang berada di tempat kerabat disuatu daerah di provinsi kalimantan selatan. Tepatnya kami berada di kecamatan satui , sebuah kecamatan di kabupaten tanah bumbu Kalimantan selatan.

Daerah ini dulunya terkenal dengan produksi batubara. Ada banyak perusahaan perusahaan tambang batubara , baik lokal maupun internasional yang beroperasi diwilayah ini. Hutan – hutan di daerah satui pun semakin terkikis, di ganti dengan lubang-lubang yang menganga bekas eksploitasi batubara.

Kami pun terpaksa menyisir ke wilayah hutan yang ada diwilayah pesisir, di lahan rawa ini yang penuh dengan air ini kami menyisiri hutan.  Perjalanan menuju lokasi memerlukan waktu kurang lebih 30 menit. Setelah sekitar 15 menit menyisiri belukar yang ada didalam hutan akhirnya kami menemukan kumpulan pohon bajakah.

Rasa Air Bajakah Asli 

Menggunakan parang ( pisau yang panjang ) yang tajam, kami tidak menemukan kesulitan untuk memotong batang kayu bajakah. Hanya dengan sekali tebas batang pun terpotong dan air bajakah asli mengucur dengan cukup deras.  Segera saja kami masukkan kedalam wadah botol yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Walaupun telah sering merasakan air bajakah sebelumnya, kali ini kami sepertinya ingin pula merasakan kesegaran dari air tersebut. Mungkin karena faktor lelah sehingga menimbulkan rasa haus setelah melakukan perjalanan sekitar 1 jam.

Rasa air bajakah asli ini cukup segar, dan ada sensasi dinginnya. Mirip seperti air putih yang baru disimpan didalam kulkas. Rasa dingin mungkin karena air yang tersimpan cukup lama didalam batangnya.

Sebagai informasi, masyarakat lokal sering menggunakan air bajakah ini untuk menghilangkan rasa dahaga ketika sedang berada didalam hutan.  Beberapa orang meyakini air yang keluar langsung dari batangnya ini lebih berkhasiat daripada air rebusan bajakah.  Menurut kami itu cuma sugesti saja, karena banyak juga yang merasakan manfaat kayu bajakah serta memberikan testimoni setelah meminum air rebusan kayu bajakah .

Tinggalkan komentar