8 Fakta Kayu Bajakah Dari Kalimantan Yang Kamu Harus Tahu

kayu bajakah dari kalimantan

Kanker saat ini telah menjadi momok bagi semua orang. Secara alami, dari tahun-tahun yang tak terhitung sejak penciptaan komunitas layanan kesehatan, kanker tampaknya menjadi masalah kesehatan di mana tidak ada obat untuk menghentikannya seperti penyakit lainnya.

Jika seseorang dapat pulih dari serangan kanker, Ada serangkaian perawatan medis yang menghabiskan banyak uang. Tetapi sekarang, diklaim bahwa sudah ada pengobatan kanker sederhana, yang berasal dari tumbuhan alami.

Apakah Anda menderita kanker untuk waktu yang lama? Penantian Anda kini sudah berakhir. Penyembuhan kanker ini ternyata sangat sederhana, yaitu kayu bajakah dari kalimantan.

Ingin tahu tentang fakta kayu bajakah? Berikut ini ringkasan sejumlah fakta yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

8 Fakta Kayu Bajakah Dari Kalimantan

  1. Bentuk pohon bajakah

Pohon bajakah berwarna coklat serta berbentuk batang pohon tunggal yang merambat. Seperti dimuat diharian Kompas online, batang tanaman bajakah ini kuat dan memiliki bentuk yang beragam, mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Pohon bajakah merambat dengan ketinggian mencapai lebih dari 15 meter sampai ke puncak pohon lain. Sedangkan akarnya ada didasar aliran air lahan gambut.

  1. Berasal Dari Kalimantan Tengah

Pertama kali diteliti oleh 2 siswa SMA Palangka Raya, mereka mencari kayu  bajakah ini di tengah hutan. Pohon bajakah diketahui hanya bisa tumbuh di tempat yang rimbun serta tidak terkena matahari.

Didaerah kalimantan lainnya ternyata juga ditemukan pohon bajakah, seperti di Kalimantan selatan dan di Kalimantan barat, walaupun berbeda cara penyebutannya. Didaerah Kalimantan barat, kayu bajakah ini lebih dikenal sebagai belaran.

  1. Memiliki Kandungan Penyembuh Kanker

Menurut Kepala Laboratorium Bio Kimia dan Molekuler dari Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (FK ULM), Eko Suhartono, setelah dilakukan penelitian, ternyata kayu bajakah banyak memiliki senyawa antioksidan yang sangat berguna untuk membunuh sel kanker.

Kandungan lainnya yaitu alkoloid, steroid, saponin,  terpenoid, flavonoid, tanin, dan fenolik. Menurut Eko, jumlah antioksidan dalam kayu bajakah ini juga sangat tinggi.

  1. Pengolahan Kayu Bajakah Sebagai Obat Kanker

Sebagaimana dimuat di detikhealth, kayu bajakah dari kalimantan ini diambil bagian batangnya, kemudian diolah untuk dikonsumsi. Cara pengolahannya yaitu kayu bajakah dikeringkan hingga benar2 kering. Kemudian dipotong-potong atau dicacah. Jika ingin lebih halus lagi bisa ditumbuk atau diblender. Kayu bajakah yang sudah dipotong-potong diambil secukupnya, sekitar 10 – 20 gram, kemudian direbus hingga mendidih. Setelah itu tunggu hingga agak dingin baru kemudian diminum. Warna air rebusan bajakah akan tampak kuning kemerah – merahan seperti warna air teh.

  1. Terbukti Sembuhkan Kanker Payudara Stadium Empat

Pengalaman warga suku Dayak yang ibunya divonis menderita kanker payudara stadium empat merupakan bukti dari  ramuan kayu bajakah bisa menyembuhkan kanker.

Sang ibu tersebut menolak untuk dioperasi. Hingga akhirnya beliau meminum rebusan air kayu bajakah yang sebelumnya dicari oleh suaminya di tengah hutan. Setelah rutin meminum ramuan kayu bajakah, sang ibu pun sembuh total dari kanker payudara.

“Hanya dalam dua minggu sudah terjadi reaksi, dalam waktu 1 bulan sembuh total,” ujar Daldin, salah satu warga Dayak asli di Gunung Mas, Palangkaraya, ketika diwawancara oleh Kompas TV.

  1. Penemu Kayu Bajakah Sebagai Obat Kanker Adalah Siswa SMA

Ramuan akar bajakah ini memang sudah dikenal secara turun temurun masyarakat Kalimantan untuk mengobati penyakit kanker dan tumor. Namun siswa SMAN 2 Palangkaraya yaitu  Yazid, Aysa Aurealya Maharani, dan Anggina Rafitri inilah yang pertama kali menguji coba di laboratorium sekolahnya.

Dengan menggunakan 2 ekor tikus berwarna putih yang sebelumnya sudah disuntikkan zat sel tumor dan kanker. Hasilnya, air kayu bajakah mampu membunuh sel tumor pada tikus tersebut.

  1.  Kayu Bajakah Ada Yang Beracun

Hati-hati jika Anda ingin membeli kayu bajakah secara online. Ditengah tingginya permintaan kayu bajakah, banyak pula bermunculan penjual kayu bajakah dadakan yang asal saja menjual jenis kayu bajakah. Ada baiknya Anda mempelajari dulu ciri – ciri kayu bajakah asli agar anda terlepas dari masalah nantinya.

  1. Kayu Bajakah Dijual Dengan Harga Fantastis

Jika Anda tengah berada di wilayah Kalimantan, khususnya di kalimantan tengah, maka Anda akan menjumpai lapak – lapak penjual kayu bajakah bertebaran di pasar – pasar maupun di pinggir-pingir jalan raya. Ada yang menjual satu bilah kecil kayu bajakah ( batang yang sudah dibelah – belah menjadi bbrp bagian ) seharga 10 rb. Ada pula yang sudah mengemasnya dalam kemasan dengan ukuran beragam. Mulai dari 100 gram hingga 1 kg. Rata – rata para penjual tersebut menjual mulai dari harga 100 rb hingga 150 rb per 100 gramnya.

Demikianlah 8 fakta kayu bajakah dari kalimantan yang kami rangkum. Semoga bisa menambah wawasan bagi Anda yang sedang mencarinya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *