Manfaat Akar Kuning Untuk Kesehatan

Terakhir diperbarui pada 27 Desember, 2022

Akar bajakah kuning adalah sebutan lain dari akar kuning. Tanaman ini juga di percaya orang untuk dijadikan pengobatan. Untuk masalah pengobatan, sebagian warga Kalimantan Tengah selain mengandalkan dokter, juga masih menggunakan tradisi leluhur dengan memakai obat tradisional herbal. Umumnya berupa daun, akar, batang kayu seperti kayu bajakah, yang hidup di dalam hutan di Kalimantan.

Manfaat akar bajakah kuning pun sudah diketahui ini sudah sejak dahulu, bahkan hingga sekarang masih banyak yang menggunakannya.

Karakteristik Akar Kuning

manfaat akar kuning

Tanaman ini mempunyai nama latin Arcangelicia flava , dari familia Menispermaceae. Di beberapa daerah di Indonesia tanaman ini mempunyai nama – nama yang berbeda. Di daerah Sunda disebut dengan ki koneng, Sirawan kunyit atau peron sapi di daerah Jawa, gumi modoka di daerah Halmahera serta kayu kuning di Sulawesi.

Tumbuhan ini sering di jumpai di daerah Asia Tenggara – Thailand, Vietnam, Malaysia, Indonesia, Filipina, hingga ke Papua Nugini. Habitatnya ada pada dataran rendah dengan ketinggian sampai 800 m di atas permukaan laut.

pohon akar kuning
pohon akar kuning

Ciri Ciri Tanaman Akar Kuning

Tanaman ini merupakan tanaman jenis liana atau jenis tanaman merambat. Panjang batangnya bisa mencapai hingga 10 sampai 15 meter. Daun akar kuning berbentuk oval dengan tekstur yang tebal. Daunnya tumpul serta tidak tajam serta mempunyai tangkai daun yang panjang. Ciri utama yang paling khas adalah warna batang kayu bagian dalamnya yang berwarna kuning

ciri ciri tanaman akar kuning

Kandungan Akar Kuning

Menurut penelitian dari universitas Setiabudi, Akar kuning memiliki beberapa senyawa kimia seperti flavonoid, saponin, tanin dan alkaloid berberin yang terdapat pada bagian batang, tangkai, daun dan akar tanaman. Senyawa kimia berberin adalah salah satu metabolit dari akar kuning yang diketahui menunjukkan aktivitas antikanker yang cukup baik pada berbagai jenis sel kanker. Aktivitas antikanker berberin salah satunya ditunjukkan dengan efek antiproliferasi sel kanker.

Manfaat Akar Kuning Untuk Obat Hepatitis

Sebagaimana manfaat kayu bajakah yang sudah viral, masyarakat Kalimantan juga telah mengetahui manfaat kayu bajakah kuning ini.

Bajakah kuning atau akar kuning kalimantan berkhasiat untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan gangguan organ hati. Diantaranya adalah seperti  liver, sirosis hepatis, hepatitis, serta gangguan fungsi hati lainnya.

gambar akar kuning

Masyarakat Kalimantan apabila ada seseorang atau keluarganya yang  menderita sakit hepatitis selalu menyarankan untuk meminum air rebusan kayu kuning ini. Dan ternyata hal ini sudah lazim dilakukan oleh mereka sejak dahulu.

Hepatitis adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar bilirubin yang ada di dalam tubuh.  Masyarakat kita umumnya menyebutnya dengan penyakit kuning .

Kadar normal Bilirubin  didalam darah adalah sekitar 2 sampai  3 mg/dL. Jika melebihi kadar normal maka besar kemungkinan menderita penyakit kuning. Bilirubin adalah zat yang menggantikan sel darah meral apabila sel darah merah mengalami kerusakan. Organ yang memproduksi Bilirubin adalah hati.

Rekomendasi :
➡ Promo diskon 50% akar bajakah asli
Kayu bajakah bisa untuk obat apa saja ? Ini penjelasannya
Bentuk kayu bajakah yang sering ditemui
Khasiat akar bajakah selain sebagai obat kanker
Efek samping kayu bajakah untuk kesehatan

Jika terjadi kerusakan yang parah pada sel darah merah,  maka akan tampak perubahan warna pada kulit dan kornea mata yang berubah menjadi berwarna kuning. Itulah sebabnya mengapa dinamakan penyakit kuning.

Penyakit kuning ini menyerang organ hepar / organ hati, sedangkan penyebab utama dari penyakit kuning adalah radikal bebas yang tidak bisa lagi ditangkal oleh zat antioksidan.

Salah satu fungsi penting dari organ hati dalam tubuh adalah untuk menjaga  metabolisme tubuh.  Organ hati mempunyai fungsi penting dalam menyimpan serta merubah zat makanan menjadi bermanfaat bagi tubuh seperti zat gula,  protein, dan lemak untuk kemudian dirubah menjadi energi. Fungsi lain organ hati yaitu untuk produksi plasma darah serta membuat protein dalam proses metabolisme.

Kandungan senyawa dari akar kuning bisa memperbaiki fungsi hati yang mengalami kerusakan serta memulihkannya dengan cepat. Itulah sebabnya mengapa tumbuhan ini disebut bisa mengobat penyakit kuning.

Penularan penyakit hepatitis bisa terjadi jika penyebabnya adalah virus, yaitu virus hepatitis. Untuk hepatitis jenis ini, sebaiknya penderita segera diobati. Itulah sebabnya mengapa tidak dianjurkan melakukan transfusi darah bagi penderita hepatitis, karena beresiko bisa menularkan penyakitnya.

Khasiat Akar Kuning Untuk Kesehatan

  • Memecah sel lemak yang ada pada organ hati sehingga jumlah zat bilirubin kembali normal.
  • Khasiat akar kuning juga bisa untuk membantu mengobati diabetes dengan tingkat keparahan sedang hingga berat.
  • Berguna untuk mengobati bronchitis / radang saluran napas
  • Membantu menyembuhkan sakit maag
  • Mengobati cacar air
  • Menyembuhkan panas dalam
  • Menyembuhkan panas dalam

Sumber : BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional)

Testimoni Akar Kuning

Berikut adalah tangkapan layar dari pelanggan yang merasakan manfaat akar bajakah kuning. Testimoni lainnya bisa anda lihat dengan mengunjungi laman testimoni kayu bajakah.

Testimoni Akar Kuning
Testimoni akar kuning

Rasa Akar Kuning

Rasa dari akar kuning sedikit  pahit. Jika Anda tidak begitu suka dengan rasa pahit bisa ditambahkan sedikit madu.

Umumnya, diperlukan waktu sekitar 1 sampai 3 minggu untuk meminum ramuan akar bajakah kuning ini agar seseorang bisa sembuh.

Cara Mengolah Akar Kuning Untuk Konsumsi Obat

  1. Ambil beberapa potong, sekitar 1 genggam tangan, kurang lebih 3 sampai 4 potong.
  2. Sediakan sekitar 2 gelas berukuran sedang.
  3. Masukkan air yang sekitar 2 gelas berukuran tadi kedalam panci untuk direbus.
  4. Masukkan potongan akar kuning ke dalam panci yang telah berisi air tadi. Rebus selama 5 sampai 10 menit, hingga airnya tersisa  1 gelas saja.
  5. Minum air rebusan 3 x sehari setiap selesai makan, pagi, siang, dan malam hari. Jika sedang meminum obat dari dokter, beri jeda waktu sekitar 2 jam sebelum meminum air rebusan akar kuning.
  6. Potongan akar yang sudah direbus bisa direbus ulang 2 sampai 3 x, sampai air rebusannya tidak berwarna atau berasa lagi.

Harga Akar Kuning

Selain kayu bajakah kalalawit merah dan tampala, kami juga menyediakan akar kuning asli kalimantan. Harga yang kami tawarkan adalah Rp. 175.000 / kg. Anda bisa memesannya langsung melalui nomor whatsapp resmi kami. Semoga menjadi wasilah kesembuhan dan kesehatan bagi Anda

>> Rahasia Bajakah, Wajib Tahu