fbpx
kayu obat kanker dari kalimantan

Kayu Obat Kanker Dari Kalimantan, Mitos Atau Fakta?

kayu obat kanker dari kalimantan – Berbagai cara dilakukan manusia untuk mencari yang namanya kesembuhan. Mulai dari cara yang biasa sampai cara yang tidak biasa. Salah satu cara yang biasa dilakukan oleh penduduk di negara kita jika ingin menyembuhkan penyakit adalah dengan melakukan pengobatan alternatif. Pengobatan alternatif bisa berbentuk teknik atau terapi tertentu ataupun dengan cara mengkonsumsi ramuan-ramuan herbal. Mungkin karena Indonesia adalah salah satu pusat tanaman obat di dunia.

Beragam jenis flora tropis tumbuh di seluruh penjuru negeri. Walau pun belum semua dari jenis tanaman itu diketahui khasiatnya. Namun tetap kita harus berkeyakinan bahwa Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa tidaklah menciptakan semua tumbuhan tersebut dengan sia-sia.

Fakta Kayu Obat Kanker Dari kalimantan

Beberapa penyakit belum ditemukan obatnya termasuk salah satunya adalah kanker. Akan tetapi belakangan ini sering terdengar obrolan kayu bajakah yang bisa digunakan obat untuk menyembuhkan kanker.

Kabar tersebut bermula dari tiga siswa SMA asal Palangkaraya Kalimantan Tengah. Mereka sukses mendapatkan medali emas di Korea Selatan dalam acara lomba karya ilmiah tingkat internasional. Pada Lomba yang bertajuk World Invention Olympicc (WICO) tersebut mereka berhasil mengalahkan peserta lain dari 22 negara. Hal ini berkat hasil penelitian mereka tentang manfaat kayu bajakah yang bisa menyembuhkan kanker payudara.

Kayu bajakah adalah tumbuhan yang hidup di hutan hujan tropis di pulau kalimantan. Setelah diteliti di laboratorium Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, ternyata tanaman  ini mengandung banyak sekali zat antioksidan yang berfungsi untuk melawan sel kanker.

Nama latinnya adalah Spotholobus Littoralis Hassk. Tanaman ini adalah genus tumbuhan yang merambat di pohon kayu dari suku Paseoleae. Orang yang pertama kali menemukannya adalah Justus Karl Hasskarl pada tahun 1842. Ia adalah seorang ahli Botani asal Jerman.

Sebelum dikenal sebagai kayu obat kanker dari kalimantan, masyarakat Kalimantan telah mengenal tumbuhan bajakah dan menggunakannya untuk berbagai macam pengobatan alami. Di daerah pedalaman Kalimantan Tengah, warga asli suku Dayak menggunakan keseluruhan bagian dari tanaman ini.  Sementara di daerah Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, warga menggunakan tanaman ini sebagai obat alami disentri dan obat pegal, selain obat alami luka.

Kandungan Kayu Bajakah

Dalam uji ilmiah, kayu obat kanker dari kalimantan ini terbukti mengandung 40 macam fitokimia yang dapat menyembuhkan kanker, di antaranya flavonoid, tanin, fenolik, steroid, saponin, terpenoid, dan alkonoid.

Hasil penelitian di laboratorium universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin juga menyimpulkan bahwa kandungan kayu bajakah terdapat sekitar 40 jenis zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat kayu bajakah bagi kesehatan tubuh antara lain :

  1. Menncegah serta mengobati penyakit kanker dan tumor
  2. Membantu turunkan kadar gula penderita diabetes
  3. Membantu penyembuhan impotensi, umumnya diderita oleh penderita diabetes akut
  4. Menambah vitalitas agar tidak mudah capek

Dengan segala manfaat dan khasiatnya, tak pelak menjadikan kayu obat kanker dari kalimantan ini semakin dicari masyarakat, sehingga pemerintah provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan menerapkan aturan khusus untuk peredaran kayu bajakah.

 

Tinggalkan komentar